Home / NASIONAL

Jumat, 18 September 2020 - 09:28 WIB

Polri: Kebakaran Gedung Kejagung Diduga Disengaja

Gedung Kejagung RI kebakran. Foto/Ist

Gedung Kejagung RI kebakran. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Bareskrim Mabes Polri menduga kebakaran di Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) RI beberapa waktu lalu disengaja oleh pihak tertentu. Penyidik Bareskrim menyimpulkan peristiwa tersebut terdapat unsur tindak pidana.

Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan, ditemukannya dugaan peristiwa tersebut setelah adanya temuan di olah TKP oleh Puslabfor Bareskrim Polri dengan menggunakan instrumen gas chromatography-mass spectrometer (GC-MS).

“Hasil olah TKP, Puslabfor menyimpulkan bahwa sumber api tersebut bukan karena hubungan arus pendek. Namun, diduga karena open flame atau nyala api terbuka,” katanya di Jakarta, Kamis (17/9).

Ia mengatakan bahwa telah terjadi dugaan tindak pidana umum dengan sengaja membakar gedung utama Kejagung. Karena itu, pihaknya meningkatkan statusnya ke tingkat penyidikan melalui gelar perkara atau ekspose kasus kebakaran tersebut. Sejauh ini penyidik sudah melakukan pemeriksaan kepada 131 saksi.

“Kita akan segera melakukan penyidikan untuk bisa meningkatkan saksi potensial menjadi tersangka dengan secepatnya,” jelas dia.

“Kami sepakat untuk bersama-sama mengusut tuntas, tidak ragu-ragu dalam memproses siapa pun yang terlibat, dan akan dipertanggungjawbkan ke publik. Kami komitmen mengusut secara transparan,” tegasnya.

Sebelumnya, Gedung Kejagung RI di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, mengalami kebakaran pada Sabtu (22/8) malam. Api diduga berasal dari lantai 6 ruang rapat Biro Kepegawaian hingga menjalar ke ruangan lantai lain, mulai dari atas sampai ke bawah. (heq/dbs)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi pilkada 2020. Foto: Istimewa

NASIONAL

Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 Tetap Tepat Waktu
Polisi menghadirkan artis Lucinta Luna (tengah) pada rilis kasus narkoba di Polres Metro Jakarta Barat, Rabu (12/2). Foto/Antara

NASIONAL

Lucinta Luna Bebas Tapi Masih Dalam Pengawasan Bapas
pembagian hasil panen(kicaunews)

NASIONAL

Kapolres Subang Polda Jabar Pimpin Pembagian Panen Budidaya Jagung, Terong, Dan Cabe
Bareskrim Polri mengungkap lima kasus penipuan bermodus business e-mail compromise (BEC). Foto/Detik

NASIONAL

Polri Ungkap Kasus Penipuan Bermodus Email Bisnis Rp276 M
Presiden Joko Widodo membuka Inovasi Indonesia Expo 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa, 10 November 2020. Foto/BPMI

NASIONAL

Presiden Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet
Kepadatan kendaraan roda empat dari arah Bogor menuju Jakarta di Jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur , Senin (1/5). Foto/ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

NASIONAL

198 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Saat Libur Tahun Baru
Ilustrasi penangkapan. Foto/Istimewa

NASIONAL

Artis Berinisial JJ Ditangkap di Ancol Karena Narkoba
Petugas menuntun sepeda motor saat banjir menggenangi wilayah Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Sudah Lebih 6 Jam Banjir DKI Belum Surut Lewati Target Anies