Home / NASIONAL

Rabu, 16 September 2020 - 09:06 WIB

Polri Siap Sanksi Tegas Cakada yang Langgar Protokol Kesehatan

Ilustrasi Pilkada 2020. Ist

Ilustrasi Pilkada 2020. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pilkada serentak 2020 sebentar lagi akan dilaksanakan. Namun, sejumlah paslon calon kepala daerah (cakada) yang akan mendaftar pada Pilkada 2020 tidak memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Desakan untuk adanya sanksi yang tegas pun disuarakan, agar tak menjadi klaster baru penularan Covid-19.

Kasubdit IV Politik dan Dokumen Dittipidum Bareskrim Polri Agus Hermawan menjelaskan, pihaknya saat ini telah mengambil sikap tegas. Kepolisian, kata dia, sudah menyiapkan alur penanganan pelanggaran protokol kesehatan pada Pilkada 2020.

“Apabila KPU dan Bawaslu telah mengambil langkah-langkah sanksi, tapi tidak diindahkan, Polri nanti yang akan melakukan penegakan hukum. Berpedoman pada Undnag-undang Nomor 4 Tahun 1994 tentang Wabah Penyakit Menular,” katanya saat diskusi daring, Selasa (15/9).

Dalam slide presentasinya bagi para peserta mengabaikan teguran pihak penyelenggara terkait protokol kesehatan, dapat dijerat sanksi hukuman 1 tahun penjara berdasarkan Pasal 14 UU No 4 Tahun 1984 maupun Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018.

“Penegakan hukum yang dilakukan oleh polri tentu saja dasarnya melakukan penyelidikan. Dengan adanya laporan dari Bawaslu dan data pendukung atau aturan yang tidak diindahkan dari Bawaslu,” ujarnya.

“Intinya bahwa penegakan hukum protokol kesehatan di Pilkada 2020 darri Bareskrim siap untuk selalu berkoordinasi sebelumnya dengan KPU, Bawaslu dan Pemerintah lainnya,” tambahnya.

Walau demikian, dia menyampaikan bahwa opsi penindakan hukum terkait protokol kesehatan pada Pilkada merupakan opsi terakhir. Maka ia pun mengimbau kepada para peserta agar memperhatikan protokol kesehatan dengan baik selama tahapan Pilkada. (heq/lip/pol)

Share :

Baca Juga

Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Jokowi Resmikan Bendungan Tapin, Singgung Banjir Kalsel
Jaringan Irigasi Food Estate Kalteng. Dok/PUPR

NASIONAL

Stop Buat Food Estate, Pulihkan Hutan Lindung
Bank DKI mulai cairkan bantuan sosial tunai (BST) Pemprov DKI Jakarta per Selasa (12/1). Foto/Istimewa

NASIONAL

Penerima Dana BST di DKI Bisa Diwakilkan
Pupuk organik. Ist

NASIONAL

Pemerintah Diminta Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik
Ilustrasi BNN. Foto/Istimewa

NASIONAL

BNN Sita 53 Kg Sabu dari Dua Jaringan Internasional
Penambahan Perjalanan KA Jarak jauh: Kereta jarak jauh tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (10/7/2020). Foto/Liputan 6

NASIONAL

KAI Siapkan 231.814 Kursi untuk Libur Akhir Tahun
Ilustrasi orang pakai masker. Foto/Ist

NASIONAL

NTT-Papua Sumbang Zona Hijau Covid-19 Terbanyak
Transjakarta. ist

NASIONAL

Sejumlah Rute Transjakarta Dialihkan Sementara, Mana Saja?