Home / NASIONAL

Selasa, 29 Desember 2020 - 18:33 WIB

Polri Tangani 4.656 Kasus Tindak Pidana Siber

Ilustrasi--Barang bukti kejahatan siber. Foto/Antara

Ilustrasi--Barang bukti kejahatan siber. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri menangani 4.656 kasus tindak pidana siber sepanjang periode Januari hingga November 2020.

Berdasarkan data Dittipidsiber, lebih 4 ribuan kasus itu terbagi dalam 15 jenis kejahatan. Kasus terbanyak yang ditangani polisi adalah perkara pencemaran nama baik sebanyak 1.743 kasus.

Kemudian diikuti kasus penipuan dengan 1.295 laporan; pornografi 390 kasus; akses ilegal dengan 292; ujaran kebencian atau SARA dengan 209 kasus; berita bohong/palsu/hoax dengan 189 kasus; manipulasi data dengan 160 kasus dan pengancaman 131 kasus.

Data yang diterima juga menunjukkan, jenis kejahatan yang di bawah angka 100 tercatat antara lain perjudian dengan 81 kasus; pencurian data/identitas 46 kasus.

Selain itu, peretasan sistem elektronik dengan 38 kasus; pemerasan 35 kasus; intersepsi ilegal 29 kasus; pengubahan tampilan situs 10 kasus dan gangguan sistem 8 kasus.

Awal Desember lalu, Wakil Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Pol Himawan Bayu Aji menyebut tingginya angka kejahatan siber sejalan dengan meningkatnya aktivitas masyarakat menggunakan teknologi informasi selama pandemi Covid-19.

“Selama pandemi kita melihat masyarakat banyak menggunakan teknologi informasi untuk kegiatan-kegiatan sosial maupun masyarakat yang lain sehingga cukup meningkat, ketika transaksi face to face menurun” kata Himawan.

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyatakan bakal segera mengaktifkan polisi siber. Langkah ini ditempuh menurutnya lantaran kini banyak bermunculan berita atau informasi menyesatkan yang sengaja dibuat dan disebarkan melalui media sosial.

“Sekarang kan didukung oleh medsos yang begitu masif itu sehingga saya kemarin bicara tentang polisi siber, itu penegakan hukum terhadap pelanggaran-pelanggaran siber,” kata Mahfud dalam sebuah webinar, Senin (28/12).

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Inspektur Jenderal (Purn) Benny Mamoto. Foto/Ist

NASIONAL

37 Anggota dan Eks FPI Dituding Terlibat Aksi Teror
KKP tetapkan 17 calon hakim ad hoc baru. Foto/Kementerian Kelautan dan Perikanan

NASIONAL

KKP Tetapkan 17 Calon Hakim Ad Hoc Baru
Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan Bobby Nasution (kanan). Foto/Ist

NASIONAL

Pilkada 2020: Gibran Menang Telak di Solo, Bobby di Medan
Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta memberikan sambutan di ruangan Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2020). Foto/Kompascom

NASIONAL

Deretan Fakta Wagub DKI Ahmad Riza Patria Terpapar Covid
UNICEF memberikan vaksin imunisasi. Foto/UNICEF

NASIONAL

UNICEF Apresiasi Pemerintah Indonesia Terapkan Imunisasi
Presiden RI Jokowi lantik 20 duta besar untuk negara sahabat. Foto: BPMI Setpres/Kris

NASIONAL

Presiden Jokowi Lantik 20 Dubes RI
Tri Rismaharini menduduki jabatan baru sebagai Menteri Sosial RI. Foto/Instagram @tri.rismaharini

NASIONAL

Menteri Risma Janji Beri Beasiswa Bagi Anak Pemulung
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto/Antara

NASIONAL

Luhut Hibahkan Tanah 10 Hektare ke NU