Home / NASIONAL

Selasa, 26 Januari 2021 - 09:26 WIB

PPKM Jawa-Bali Jilid II Mulai Berlaku Hari Ini

Ojek daring terdampak pemberlakuan PSBB. Pengemudi ojek daring menunggu pesanan di kawasan gedung perkantoran Sudirman, Jakarta. Foto/Antara

Ojek daring terdampak pemberlakuan PSBB. Pengemudi ojek daring menunggu pesanan di kawasan gedung perkantoran Sudirman, Jakarta. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali jilid II resmi berlaku per hari ini, Selasa (26/1), hingga Senin (8/2).

Perpanjangan PPKM ini ditetapkan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 02 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang ditandatangani Mendagri Tito Karnavian, Jumat (22/1) lalu.

“Mengatur pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan penularan virus Covid-19 dan gubernur pada provinsi (di Jawa-Bali) dapat menambahkan prioritas wilayah pembatasan sesuai dengan kondisi masing-masing wilayah dan memperhatikan cakupan pemberlakuan pembatasan,” dikutip dalam instruksi tersebut.

Otomatis, wilayah dengan tingkat penularan Covid-19 tinggi di Jawa dan Bali mesti menerapkan PPKM sesuai dengan instruksi yang dikeluarkan Tito itu.

Keputusan memperpanjang PPKM Jawa Bali ini lantaran hingga saat ini, kasus penularan virus covid-19 masih tergolong tinggi. Bahkan hari ini, Selasa (26/1) diprediksi angka penularan covid-19 di Indonesia menyentuh angka 1 juta kasus.

Sejumlah wilayah pun menuruti pemberlakuan PPKM ini, termasuk Jakarta yang telah memastikan memperpanjang PPKM melalui Keputusan Gubernur Nomor 51 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan, Jangka Waktu dan Pembatasan Aktivitas Luar Rumah PSBB yang diteken per 22 Januari lalu.

Meski PPKM resmi diperpanjang, ada perubahan yang ditetapkan dalam aturan ini. Misalnya terkait jam operasional mall dan atau pusat perbelanjaan.

Sebelumnya mall atau pusat perbelanjaan hanya diizinkan beroperasi hingga pukul 19.00 WIB.

Dalam PPKM Jawa Bali Jilid II ini, mall dan atau pusat perbelanjaan diizinkan beroperasi hingga pukul 20.00 WIB. Selebihnya aturan-aturan yang ditetapkan sama dengan aturan dalam PPKM Jawa Bali Jilid pertama.

Per Senin (25/1), kasus positif Virus Corona (Covid-19) bertambah 9.994 orang. Tambahan itu membuat total kasus positif di Indonesia nyaris mencapai angka 1 juta, yakni sebanyak 999.256 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 809.488 orang dinyatakan sembuh (bertambah 10.678), dan 28.132 orang lainnya meninggal dunia (bertambah 297).

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Kantor KPK. Foto/Tirto

NASIONAL

Kasus E-KTP, KPK Periksa Mantan Dirut PNRI

NASIONAL

Kementan Atur Pelaksanaan Kurban di Tengah Pandemi
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto/Antara

NASIONAL

Pembukaan Kampus Mengacu pada SKB 4 Menteri
TNI-Polri melakukan pengamanan terhadap vaksin yang tiba di Bandara SAMS Sepinggan. Foto/Istimewa

NASIONAL

Polri Terjunkan 83.566 Personel Amankan Vaksinasi Covid
Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan dan fasilitas produksi milik BUMN produsen vaksin dan antisera Bio Farma dalam kunjungan kerja ke Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat pada Selasa (11/8). Foto: BPMI Setpres/Lukas

NASIONAL

Presiden Jokowi Optimistis Vaksin Covid-19 Segera Ditemukan
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto/Antara

NASIONAL

Istana Ungkap Alasan Tunjuk Listyo Sigit Jadi Kapolri
Ilustrasi duka cita. Foto/Shutter Stock

NASIONAL

Eks Mendagri Syarwan Hamid Meninggal Dunia
Toilet di SD Karang Rahardja, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, dibangun dengan anggaran Rp 198,5 juta. Foto/Republika

NASIONAL

Proyek 488 Toilet Rp98 Miliar di Bekasi Diusut