Home / NASIONAL

Senin, 11 Januari 2021 - 09:07 WIB

PPKM Jawa-Bali Mulai Diterapkan Hari Ini

Ilustrasi kegiatan selama PSBB Transisi di Jakarta. Foto/MI

Ilustrasi kegiatan selama PSBB Transisi di Jakarta. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa dan Bali mulai diterapkan hari ini, Senin (11/1). PPKM Jawa Bali yang diterapkan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 berlaku hingga 25 Januari mendatang.

Aturan ini diterapkan sejumlah daerah dengan tingkat penyebaran covid-19 tinggi. Aturan ini diumumkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, sekaligus Ketua Komite Penangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto.

PPKM Jawa Bali berlaku di seluruh Jakarta serta 23 kabupaten/kota yang termasuk dalam kategori wilayah berisiko tinggi penyebaran COVID-19. Provinsi itu yakni, Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa Timur, Banten hingga Bali.

Adapun daerah-daerah yang harus menerapkan kebijakan PPKM Jawa Bali di sejumlah provinsi ini yakni untuk Jakarta berlaku di seluruh wilayah provinsi.

Sementara di Jawa Barat daerah yang berhak memberlakukan PPKM yakni Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi.

Di Provinsi Banten yakni Tangerang Raya, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Untuk Jawa Tengah di Semarang Raya, Solo Raya dan Banyumas. Di Yogyakarta yakni Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulonprogo.

Pemerintah memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat di Pulau Jawa-Bali untuk menekan penyebaran Covid-19. PSBB berlaku mulai 11-25 Januari 2021.

Di Jawa Timur yakni di Kota Malang Raya dan Surabaya Raya. Sementara untuk Bali akan berlaku di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

Meski ada sejumlah pembatasan dalam PPKM, Airlangga memastikan PPKM bukan lockdown atau larangan beraktivitas, atau berkegiatan masyarakat.

Bahkan tak ada sanksi yang dinyatakan secara jelas oleh Airlangga saat mengumumkan kebijakan baru ini. Sanski sendiri tetap berpacu pada aturan di wilayah masing-masing.

Adapun hal-hal yang diatur selama PPKM berlangsung yakni pembatasan tempat kerja atau kegiatan perkantoran yang hanya membolehkan ada karyawan di wilayah kantor sebanyak 25 persen.

Sisanya 75 persen bekerja dari rumah atau kemudian dikenal dengan istilah work from home (WFH). Di perkantoran pun protokol kesehatan berlaku dengan ketat.

Share :

Baca Juga

Vaksinator melakukan penyuntikan kepada peserta vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) di RSPP. Foto/Antara

NASIONAL

Wagub DKI Ungkap 45 Persen Nakes Sudah Divaksin Covid-19
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

Pencemaran Nama Baik UU ITE Bisa Ditangani Lewat Mediasi
Ilustrasi media sosial. Foto/Reuters

NASIONAL

Tim Kajian UU ITE Libatkan Pelapor dan Korban
Buruh unjuk rasa tolak omnibus law. Foto/Ist

NASIONAL

9 Alasan Buruh Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law
Polri siap amankan aksi unjuk rasa. Foto/Ist

NASIONAL

9.236 Personel Gabungan TNI-Polri Dikerahkan Antisipasi Demo Buruh
Petugas BNN melakukan pengamanan di dekat barang bukti saat rilis pemusnahan barang bukti narkotika, di Badan Narkotika Nasional (BNN), Jakarta, Selasa (12/3/2019). Foto/Antara

NASIONAL

Rilis BNN 2020: Ungkap 806 Kasus, Sita Narkoba Rp86 M
Imam Besar FPI Rizieq Shihab. Foto/Antara

NASIONAL

Rizieq Diperiksa Sebagai Saksi Kasus RS Ummi Bogor
Presenter dan jurnalis Najwa Shihab. Ist

NASIONAL

Dilaporkan Relawan Jokowi Bersatu, Najwa: Saya Siap Ikuti Proses Hukum