Home / NASIONAL

Kamis, 6 Agustus 2020 - 09:33 WIB

Presiden Jokowi Berencana Bantu Rp600 Ribu ke Setiap Pegawai Selama Enam Bulan

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana memberi bantuan berupa uang tunai atau gaji kepada setiap pegawai. Pemberian bantuan tersebut diketahui merupakan salah satu skema dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Selain memberikan uang tunai, pemerintah juga menyiapkan tambahan bantuan seperti voucher makanan hingga pariwisata. Wacana pemberian bantuan ini muncul sebagai bentuk perluasan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Menurut kabar yang beredar, nominal bantuan yang akan diberikan pemerintah jumlahnya senilai Rp600.000. Uang tersebut akan diberikan kepada setiap pegawai selama enam bulan lamanya. Namun demikian, tidak semua pegawai akan mendapat bantuan tersebut.

Ada beberapa syarat untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut. Pertama, penerima gaji dari pemerintah haruslah seorang pegawai dari sektor swasta. Kedua, penerima merupakan pegawai dengan gaji di bawah Rp5 juta. Adapun pekerja dengan gaji di atas Rp5 juta dipastikan tak akan mendapat bantuan tersebut.

Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo, mengatakan rencana pemberian bantuan ini masih difinalisasi di internal pemerintah, termasuk Kementerian Keuangan. Dia menjelaskan, munculnya wacana ini karena pemerintah ingin mendongkrak daya beli masyarakat guna menopang laju konsumsi rumah tangga dan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

“Bantuan ini perluasan di luar penerima (bansos) untuk membantu daya beli masyarakat. Mereka yang dapat bantuan ini dipastikan terdampak pandemi, tapi di luar penerima bansos,” kata Yustinus, Selasa (4/8).

Seperti diketahui, saat ini pemerintah telah memberikan bantuan kepada masyarakat ekonomi rendah atau kurang mampu dan UMKM. Karena itu, rasanya para pegawai juga berhak menerima bantuan tersebut.

Sumber: Kompas TV

Share :

Baca Juga

Simulasi pemungutan suara pada Pilkada serentak dengan mengedepakan protokol kesehatan. Foto/ANTARA FOTO/Muhammad Iqba

NASIONAL

24 Wilayah Pilkada 2020 Masuk Zona Merah
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito (kanan). Foto/Antara/Aprillio Akbar

NASIONAL

BPOM Sebut Rencana Vaksin Covid-19 Tertunda
Bawang putih. Foto/Kompas

NASIONAL

Pemerintah Harus Wujudkan Swasemba Bawang Putih
Ilustrasi Peluru dan Senjata Api. Foto/Antara

NASIONAL

Oknum TNI-Polri Terlibat Dugaan Penyuplai Senpi KKB di Papua
Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah. Foto/dok BNPB

NASIONAL

Selama PPKM, Satgas Klaim Kasus Aktif Covid-19 Turun
Gedung Kejagung RI kebakran. Foto/Ist

NASIONAL

Besok, Polri Gelar Perkara Tetapkan Tersangka Kasus Kebakaran Kejagung
Kejagung melakukan gelar perkara atau ekspose terkait penanganan kasus suap yang menjerat Jaksa Pinangki Sirna Malasari. Ist

NASIONAL

Kejagung Gelar Perkara Jaksa Pinangki
Ilustrasi virus corona. Ist

NASIONAL

Update Kasus Corona 14 Oktober: 344.749 Positif, 267.851 Sembuh