Home / NASIONAL

Rabu, 12 Agustus 2020 - 09:57 WIB

Presiden Jokowi Optimistis Vaksin Covid-19 Segera Ditemukan

Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan dan fasilitas produksi milik BUMN produsen vaksin dan antisera Bio Farma dalam kunjungan kerja ke Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat pada Selasa (11/8). Foto: BPMI Setpres/Lukas

Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan dan fasilitas produksi milik BUMN produsen vaksin dan antisera Bio Farma dalam kunjungan kerja ke Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat pada Selasa (11/8). Foto: BPMI Setpres/Lukas

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis bahwa pengembangan vaksin untuk Covid-19 di Tanah Air dapat berjalan dengan baik. Jokowi menegaskan, pemerintah bersiap untuk memproduksinya apabila vaksin telah ditemukan sehingga dapat digunakan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh masyarakat.

Hal itu disampaikan Jokowi selepas meninjau pelaksanaan uji klinis tahap ketiga terhadap bakal vaksin Covid-19 yang digelar di Gedung Eyckman, Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Selasa (11/8), dengan dipandu oleh Ketua Tim Peneliti Uji Klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Prof Kusnandi Rusmil.

“Kita optimistis bahwa dengan segera ditemukannya vaksin ini kita bisa melakukan vaksinasi kepada seluruh rakyat,” ujarnya seperti dikutip laman resmi Presiden.

Secara keseluruhan, sebanyak 1.620 relawan dilibatkan dalam uji klinis tahap ketiga tersebut. Hasil uji klinis tersebut diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi pengembangan dan penemuan vaksin Covid-19 yang ditargetkan untuk dapat tercapai pada akhir tahun ini.

“Kita harapkan nanti insyaallah di bulan Januari kita sudah bisa memproduksi. Kalau produksinya sudah siap langsung diberikan vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di Tanah Air,” kata Jokowi.

Bersamaan dengan itu, pemerintah juga berupaya mengembangkan vaksin sendiri yang dikembangkan dari isolat virus Covid-19 yang ada di Indonesia. Vaksin “Merah Putih” tersebut diharapkan akan dapat diselesaikan pada pertengahan tahun 2021 mendatang.

“Jadi kita mengembangkan full sendiri oleh Lembaga Eijkman, BPPT, LIPI, BPOM, Menristek, dan universitas-universitas yang kita miliki. Tetapi selain itu kita juga membuka diri untuk bekerja sama misalnya dengan Sinovac, Uni Emirat Arab di G42, dan dengan Korea Selatan,” tuturnya.

“Saya rasa kita membuka diri (bekerja sama) dalam rangka secepat-cepatnya kita bisa melakukan vaksinasi ke seluruh rakyat Indonesia,” imbuh Presiden.

Untuk diketahui, sebelum meninjau pelaksanaan uji klinis tahap ketiga terhadap bakal vaksin Covid-19, Presiden Jokowi juga meninjau kesiapan dan fasilitas milik Bio Farma untuk nantinya memproduksi vaksin Covid-19. Dalam peninjauan tersebut, Kepala Negara dipandu dan mendapat pemaparan dari Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir. (hms/pri)

Share :

Baca Juga

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis. Foto/ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

NASIONAL

Deretan Jenderal yang Kena Rotasi Besar-besaran Polri
Transjakarta. ist

NASIONAL

Demo di Istana, Transjakarta Alihkan Rute Layanan
Ilustrasi pelajar menggunakan internet. Ist

NASIONAL

Pelajar dan Guru Sudah Bisa Nikmati Kuota Internet Gratis 2020
Ilustrasi uang Rupiah. (Foto: Ist)

EKONOMI

Sinergi Pengawasan Dana Penanganan Covid-19 Dilakukan Pemerintah Pusat dan Daerah
Ilustrasi Vaksin Covid-19. Foot/Antara

NASIONAL

Vaksinasi Lansia di DKI Bisa Drive Thru Mulai 3 Maret
Ilustrasi gempa bumi. Foto/Ist

NASIONAL

Gempa M 5,2 Guncang NTT dan Maluku Barat Daya
Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Foto/Tirto

NASIONAL

Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2020
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin. Foto/Antara

NASIONAL

Muhammadiyah Prediksi Pandemi Akan Terkendali pada 2022