Home / NASIONAL

Kamis, 6 Agustus 2020 - 09:07 WIB

Presiden Jokowi: Pilkada Serentak 2020 Harus Berjalan Demokratis, Luber dan Jurdil

JAKARTA, BERITANUSA.id – Penyelenggaraan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang harus berjalan secara demokratis, luber (langsung, umum, bebas, rahasia), dan jurdil (jujur, adil). Namun, di tengah situasi pandemi seperti saat ini, keselamatan dan keamanan dari Covid-19 juga harus menjadi perhatian utama.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas mengenai persiapan pelaksanaan Pilkada serentak di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (5/8).

“Ada dua hal yang menjadi penekanan utama bahwa Pilkada 2020 ini harus semakin berkualitas dan aman Covid sehingga aspek kesehatan, keselamatan, petugas, peserta, dan pemilih harus menjadi prioritas,” ujarnya.

Presiden menyampaikan bahwa penerapan protokol kesehatan harus konsisten diterapkan untuk mencegah munculnya klaster penularan baru di saat Pilkada serentak tersebut.

Penyelenggaraan pemilihan umum di tingkat pandemi baik tingkat lokal maupun nasional juga diselenggarakan di sejumlah negara seperti Singapura, Jerman, Prancis, hingga Korea Selatan.

Untuk itu, Kepala Negara mengingatkan jajarannya untuk memastikan dan meyakinkan masyarakat bahwa penyelenggaraan Pilkada serentak mendatang dilakukan dengan upaya protokol kesehatan yang memadai sehingga memberi rasa aman.

“Kita juga harus meyakinkan pemilih bahwa KPU juga pemerintah sangat concern terhadap kesehatan dan keselamatan dari Covid sehingga dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat akan memberikan rasa aman dan kita harapkan tingkat partisipasi pemilih tetap pada kondisi yang baik,” ucap Presiden.

Lebih jauh, penyelenggaraan Pilkada di tengah pandemi ini juga diharapkan dapat menjadi sebuah momentum baru untuk melahirkan sekaligus menampilkan cara-cara dan terobosan baru dalam pelaksanaan Pilkada baik dari sisi penyelenggara maupun pesertanya.

“Tentu saja ini menjadi momentum untuk menampilkan cara-cara berpilkada dengan cara baru, inovasi baru, dalam berdemokrasi di masa pandemi baik itu dari sisi penyelenggara maupun peserta,” tuturnya.

Selain itu, antisipasi terhadap potensi kerawanan dan keamanan menjelang Pilkada serentak mendatang juga harus ditingkatkan. (hms/pri)

Share :

Baca Juga

Budi Gunadi Sadikin. Foto/BNPB

NASIONAL

Ada 3 Syarat Jika Perusahaan Ingin Vaksinasi Mandiri
Eks Imam Besar FPI Rizieq Shihab di Mapolda Metro Jaya. Foto/AFP/Jenaya

NASIONAL

Diperiksa Soal RS Ummi, Rizieq Hanya Jawab 7 dari 41 Pertanyaan
Prajurit TNI menurunkan baliho bergambar Ketua FPI Rizieq Shihab di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto/MI

NASIONAL

Pangdam Jaya Ultimatum Tangkap Pemasang Kembali Baliho Rizieq
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono. (Foto: Div Humas Polri)

NASIONAL

Melawan Saat Hendak ditangkap, Densus Tembak Terduga Teroris IA di Sukoharjo
Siswa SMK Berkompetisi dalam Lomba Kompetensi Siswa di Jogja Expo Center, Selasa (9/7). Foto/MI

NASIONAL

Siswa Lulusan SMK Berpeluang Dapat Gelar D1 dan D2
Ilustrasi tindakan penilangan. (Foto: Ist)

NASIONAL

Mulai 23 Juli, Polisi Gelar Operasi Patuh Jaya Selama 14 Hari
Sejumlah kamera cctv terpasang di perempatan Jalan Gunung Sahari, Jakarta untuk tilang elektronik (e-TLE). Foto/MI

NASIONAL

Dirlantas Polda Metro: 98 Kamera e-TLE Sudah Dipasang
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kiri). Foto/Antara

NASIONAL

Wagub DKI Klaim Imlek Tak Berdampak Lonjakan Kasus Covid