Home / EKONOMI

Senin, 1 Maret 2021 - 16:03 WIB

Presiden Jokowi Resmikan KRL Yogya-Solo

Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Kereta Rel Listrik (KRL) Lintas Yogyakarta-Solo pada Senin, 1 Maret 2021. Foto/BPMI

Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Kereta Rel Listrik (KRL) Lintas Yogyakarta-Solo pada Senin, 1 Maret 2021. Foto/BPMI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kereta Rel Listrik (KRL) Yogya-Solo. Kereta ini diklaim lebih cepat 10 menit dibandingkan dengan Prambanan Ekspress (Prameks).

“Dengan mengucap Bismillah hari ini saya resmikan operasi kereta listrik lintas Yogya-Solo,” ucap Jokowi, Senin (1/3).

Jokowi menjelaskan KRL Yogya-Solo merupakan transportasi massal yang ramah lingkungan. Biaya operasional KRL tersebut terbilang lebih murah dibandingkan dengan sistem konvensional.

“Ini sebuah efisiensi yang sangat bagus sekali. Saya kira moda transportasi ke depan harus semuanya mengarah kepada transportasi yang ramah lingkungan,” tutur Jokowi.

Ia berharap KRL Yogya-Solo bisa meningkatkan kembali sektor pariwisata di kawasan setempat. Dengan demikian, hal itu bisa mendorong pemulihan ekonomi di Yogya dan Solo.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri menyatakan KRL Yogya-Solo mulai berbayar pada Rabu (10/2). Operasi itu dilakukan seiring pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021 mulai Rabu pukul 00.00 WIB ini.

Gapeka tersebut salah satunya mengatur soal pengoperasian KRL Yogyakarta-Solo.

Zulfikri menjelaskan penyusunan Gapeka 2021 telah disesuaikan dengan perkembangan ketersediaan dan permintaan masyarakat dalam menggunakan kereta api sepanjang 2020, atau selama pandemi covid-19.

Salah satu aspek dasar dalam penyusunan Gapeka 2021 yakni hasil pembangunan prasarana perkeretaapian seperti jalur ganda, peningkatan jalur, serta elektrifikasi jalur yang berimbas pada penambahan batas maksimal kecepatan kereta api.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Tol Jakarta-Cikampek. Foto/MI/Ramdani

EKONOMI

Tarif Baru Tol Jakarta-Cikampek Naik
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto/Antara

EKONOMI

Menhub Bakal Kembangkan KRL di Berbagai Daerah
Ketua Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) Sunarso. Foto/Ist

EKONOMI

Krisis Ekonomi 2020 Berbeda dengan 1998
Foto udara pembangunan Sirkuit Mandalika di NTB. Foto/MI

EKONOMI

Sandiaga Bakal Gelar Mini Triatlon di Mandalika
ilustrasi SPBU. Foto/Ayobandung

EKONOMI

BBM Non Subsidi di Bengkulu Naik Per 1 Januari
Sejumlah calon penumpang saat duduk diruang tunggu keberangkatan Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Kamis (27/12/2018). Foto/Ayo Bandung

EKONOMI

Tiket Pesawat Mulai Turun Per Hari Ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita mendalam atas kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

Jokowi Perintahkan Mendag Antisipasi Harga Pangan
Pusat perkantoran di kawasan Thamrin Jakarta sepi karena pandemik covid-19. Foto/Antara Foto/Nova Wahyudi

EKONOMI

BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV 2020 Positif