Home / NASIONAL

Selasa, 22 Desember 2020 - 17:24 WIB

Presiden Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet

Presiden Joko Widodo membuka Inovasi Indonesia Expo 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa, 10 November 2020. Foto/BPMI

Presiden Joko Widodo membuka Inovasi Indonesia Expo 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa, 10 November 2020. Foto/BPMI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan perombakan atau reshuffle kabinet di Istana Negara, Selasa (22/12). Ini merupakan perombakan pertama pada periode kedua kepemimpinan Jokowi.

Sejumlah menteri dicopot dan digeser posisinya, ada pula nama-nama yang dikeluarkan dari Kabinet Indonesia Maju. Beberapa yang disebut adalah Tri Rismaharini dan Sandiaga Salahudin Uno Sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Pada hari berbahagia ini, saya bersama-sama dengan Pak Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju,” kata Jokowi di Istana melalui siaran virtual, Selasa (22/12)

Pada Juni 2020, Presiden Joko Widodo sempat mengingatkan menteri dan petinggi negara di Kabinet Indonesia Maju bahwa dirinya tak gentar melakukan reshuffle. Kala itu, Jokowi bicara demikian lantaran tidak puas menyaksikan kinerja menteri yang dianggapnya bekerja biasa-biasa saja padahal di tengah pandemi virus corona.

“Langkah apapun yang extraordinary akan saya lakukan. Untuk 267 juta rakyat kita, untuk negara. Bisa saja membubarkan lembaga, bisa saja reshuffle. Sudah kepikiran ke mana-mana saya,” kata Jokowi pada Juni lalu.

Sebulan belakangan wacana perombakan kabinet mengemuka, apalagi setelah dua menteri Jokowi dicokok petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif Edhy Prabowo serta Menteri Sosial nonaktif Juliari Peter Batubara selama dua pekan berturut tertangkap tangan atas dugaan kasus rasuah.

Berikut daftar menteri Kabinet Indonesia Jilid 2 hasil kocok ulang atau reshuffle:

Tri Risma sebagai Menteri Sosial; Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan; Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama; Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan; Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; serta M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Sejumlah peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Indonesia. Foto/Antara

NASIONAL

Cara Cek Kuota SNMPTN 2021 di Situs LTMPT
Ilustrasi prostitusi. Foto/Ist

NASIONAL

Artis ST dan MA Ditangkap Terkait Prostitusi Online
Bea Cukai memusnahkan barang-barang ilegal secara serentak di tujuh kantor pengawasan di wilayah Jawa Barat. Foto/Ist

NASIONAL

Bea Cukai Musnahkan Barang Ilegal Lebih dari Rp5 Miliar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/MI

NASIONAL

Anies Copot Dirut BUMD DKI karena Korupsi
Ilustrasi gempa bumi. Foto/Ist

NASIONAL

Gempa M 4,2 Guncang Brebes, Terasa hingga Cirebon
Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

EKONOMI

4 Program BLT Pemerintah Mengalir Hingga 2021
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Foto/Antara/Nova Wahyudi

NASIONAL

Prajurit TNI Harus Mampu Adaptasi dengan Revolusi Industri 4.0
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta menggelar rapat Paripurna penetapan Raperda tentang APBD Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2021 menjadi Perda, Senin (7/12). Foto/DPRD DKI

NASIONAL

DPRD dan Pemprov DKI Setujui APBD 2021 Rp84,19 T