Home / NASIONAL

Rabu, 15 Juli 2020 - 13:50 WIB

Presiden: Pertahanan Bukan Sekadar Urusan Alutsista

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasannya memilih Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk memimpin pengembangan lumbung pangan nasional atau food estate di Provinsi Kalimantan Tengah. Menurut Presiden, bidang pertahanan tidak hanya terbatas pada urusan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Hal tersebut disampaikan Presiden saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (13/7).

“Yang namanya pertahanan itu bukan hanya urusan alutsista, tetapi juga ketahanan di bidang pangan menjadi salah satu bagian dari itu. Dan ini sudah disampaikan Menhan dengan hitung-hitungan cost berapa, anggaran berapa, dalam membangun food estate yang ada di Kapuas dan Pulang Pisau,” kata Presiden.

Presiden menjelaskan bahwa pengembangan lumbung pangan nasional tersebut merupakan langkah antisipasi untuk menghadapi kemungkinan krisis pangan dunia. Hal tersebut berangkat dari peringatan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) yang menyebut akan adanya ancaman krisis pangan dunia akibat pandemi Covid-19.

“Food estate itu berangkat dari peringatan FAO bahwa akan ada krisis pangan dunia. Sehingga perlu kita antisipasi cepat dengan membuat cadangan pangan strategis,” ujarnya.

Dengan dibangunnya lumbung pangan tersebut, Presiden berharap Indonesia akan memiliki cadangan pangan strategis nasional. “Sehingga nanti kalau misalnya kekurangan beras ya tanam padi. Kalau kekurangan jagung ya tanam jagung,” jelasnya.

Nantinya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo akan turut membantu Menteri Pertahanan dalam menggarap lumbung pangan nasional tersebut. “Nanti urusan pertanian yang lain, pangan yang lain ya tetap Mentan,” imbuhnya. (hms/pri)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi minuman keras. Foto/MI

NASIONAL

Ramai-ramai Tolak Perpres Investasi Miras di RI
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

Pencemaran Nama Baik UU ITE Bisa Ditangani Lewat Mediasi
Pembangunan kampus baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) di Sindangsari, Kabupaten Serang, mewakili semangat Provinsi Banten untuk memajukan pendidikan tinggi di wilayahnya. Foto/BPMI

NASIONAL

Jokowi Minta Universitas Fungsikan Sebagai Menara Air
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo argono (tengah) menjelaskan penemuan alat berupa sea glider saat konferensi pers di Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Pengawasan Kapal Riset Diperketat Usai Temuan Seaglider
Ilustrasi vaksin. Foto/Pixabay

NASIONAL

MUI Dukung Vaksin Nusantara dan Merah Putih Buatan RI
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto/Antara

NASIONAL

Istana Ungkap Alasan Tunjuk Listyo Sigit Jadi Kapolri
Parluhutan S (Topad), Ketua Umum Perkumpulan Pengusaha Rakyat Nusantara (Pusatnusa). Foto/Beritanusa

NASIONAL

Pahlawan Zaman Now
Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

Perpres Terbit, Penolak Vaksin Terancam Sanksi