Home / NASIONAL / NUSANTARA

Senin, 1 Maret 2021 - 12:33 WIB

Program Vaksinasi Drive-Thru Diluncurkan di Bali

Budi Gunadi Sadikin. Foto/BNPB

Budi Gunadi Sadikin. Foto/BNPB

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan program vaksinasi drive-thru di Badung, Bali. Kegiatan ini menggandeng pihak swasta dalam hal ini Grab dan Good Doctor.

“Grab dan Good Doctor menjadi mitra pertama Kemenkes untuk melakukan (vaksinasi) drive-thru. Saya berharap gerakan vaksinasi bisa terbangun dengan kemitraan-kemitraan,” ujar Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin secara virtual, Minggu (28/2).

“Makin banyak yang berpartisipasi, makin banyak komponen bangsa berpartisipasi, makin besar kemungkinannya bisa mencapai herd immunity untuk melindungi teman-teman kita dan seluruh bangsa Indonesia,” sambungnya.

Budi menjelaskan, vaksinasi tahap kedua di Bali akan menjangkau pelaku usaha yang bergerak di sektor pariwisata, penduduk lanjut usia (lansia) hingga sopir dan ojek online.

Sementara untuk nasional, lanjut dia, terdapat 38,5 juta orang yang harus divaksin pada tahap kedua. Vaksinasi tersebut ditargetkan selesai pada Juni. Ini akan mempercepat pemulihan menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity).

“Nah, orang-orang ini, 38,5 juta ini kali dua mestinya ada 77 juta suntikan. Itu kita targetkan selesai di Juni. 77 juta suntik mulai minggu lalu harus selesai di Juni,” tuturnya.

Menurut Budi Sadikin, penyuntikan sebanyak 77 juta tersebut tidak mungkin bisa diselesaikan sendiri oleh Kemenkes. Sehingga harus dilakukan bersama-sama dengan berbagai mitra.

“Itu tidak mungkin kementerian Kesehatan bisa lakukan secara eksklusif, tapi harus inklusif dengan teman-teman sekalian. Malahan pemerintah pusat juga tidak cukup hanya membangun suatu program, tapi harus mengajak semua komponen bangsa,” tukasnya.

(sat/cov)

Share :

Baca Juga

Petugas Dinas Sumber Daya Air membuat sumur resapan air di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Foto/MI

NASIONAL

300 Ribu Titik Sumur Resapan Disiapkan Tangani Banjir Jakarta
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. Foto/ANTARA

NASIONAL

Bripka CS Tembak Anggota TNI dalam Kondisi Mabuk
Jajaran Pemprov DKI Jakarta bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta menggelar Sidang Paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (7/9). Ist

NUSANTARA

Anies Apresiasi DPRD DKI Jakarta Setujui P2APBD 2019
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto/Ayo Surabaya

NASIONAL

JPS Kemnaker untuk Warga yang Gagal Lolos Kartu Prakerja
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan sebanyak 1.200 orang disuntik per hari dalam vaksinasi massal, di Masjid Istiqlal, DKI Jakarta. Foto/Setneg

NASIONAL

Vaksinasi Mandiri Ditargetkan Mulai April 2021
Ilustrasi cuaca ekstrem--Seorang warga membawa payung saat melintas di Kawasan Senayan, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

BMKG: Cuaca Ekstrem di 24 Wilayah Mulai 15-21 Februari
Presiden Joko Widodo menjadi salah satu pembicara dalam APEC CEO Dialogues 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 19 November 2020. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Jokowi Buka Peluang Vaksinasi Covid Skema Mandiri
Kapolri Jenderal Idham Azis saat memimpin Sertijab Pati Polri. Foto/Ist

NASIONAL

Kapolri Naikkan Pangkat 44.884 Personel di Seluruh Indonesia