Home / NASIONAL

Kamis, 30 Juli 2020 - 09:32 WIB

Pulihkan Ekonomi Nasional, Presiden Jokowi Akan Bantu UMKM Rp2,4 Juta per Orang

Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: BPMI Sekretariat Presiden/Lukas

Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: BPMI Sekretariat Presiden/Lukas

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Satgas Covid-19 untuk fokus memprioritaskan program yang mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Satgas pun telah menyiapkan dua program utama.

Program utamanya berupa bantuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Produktif. Ketua Satgas Covid-19 bidang Ekonomi Budi Gunadi Sadikin mengatakan, setiap pelaku usaha akan menerima bantuan dana sebesar Rp2,4 juta.

“Arahan Bapak Presiden, usahakan cepat mulai, dan secara bertahap bisa dinaikkan, kalau bisa sepuluh sampai dua belas juta UMKM bisa mendapatkan bantuan usaha ini,” kata Budi seperti dikutip Wartakota, Rabu (29/7).

Budi menjelaskan, bantuan tersebut adalah hibah dan bukan berupa kredit. Sehingga, lanjut dia, bantuan dapat digunakan memenuhi kehidupan sehari-hari, tapi juga dapat digunakan UMKM untuk mulai kembali menjalankan usahanya.

Sementara itu, kata Budi, fokus program kedua adalah menyalurkan kredit usaha berbunga rendah kepada UMKM. Menurutnya, program ini bukan hibah pula, melainkan pinjaman menggunakan mekanisme yang sudah ada.

“Targetnya (untuk) mereka yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan pengusaha yang memiliki usaha rumah tangga,” terang Budi.

Selain itu, Budi menyampaikan, Satgas Covid-19 diarahkan Presiden Jokowi agar mempercepat dan mengoptimalkan serapan anggaran untuk stimulus hingga akhir tahun 2020. Satgas juga diberikan pesan khusus agar dapat menjaga pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga hingga akhir September.

Dia melanjutkan, krisis ekonomi yang terjadi kali ini sebelumnya berbeda dengan krisis 2008 dan 1998. “Kali ini krisis ekonominya karena krisis kesehatan. Sehingga akibatnya semua program ekonomi kami harus mendukung dan support kegiatan atau program kesehatan,” ungkpanya. (heq)

Share :

Baca Juga

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto/Ayo Surabaya

NASIONAL

Menaker Ida Fauziyah Positif Corona
Kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) terpasang di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Komjen Listyo Bakal Gencarkan Tilang e-TLE
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mewanti-wanti semua pihak yang mencoba mengganggu persatuan dan kesatuan Indonesia. Foto/TNI

NASIONAL

Panglima: Ganggu Persatuan Akan Berhadapan dengan TNI
Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman. Foto/Ist

NASIONAL

Sebut 6 Laskar FPI Tak Bersenjata, Munarman Dipolisikan
Ilustrasi--Pemprov DKI Jakarta belum memutuskan aturan baru pasca pembatalan peraturan Gubernur Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Sepeda Motor. Foto/MI

NASIONAL

Volume Kendaraan Bermotor di DKI Turun 4 Persen
Pangdam Jaya Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Foto/JPG

NASIONAL

Dukung Polda, Pangdam Jaya Imbau Rizieq Ikuti Proses Hukum
Foto/Puspen TNI

NASIONAL

Pemprov DKI Libatkan TNI-Polri Tertibkan Kantor Selama PSBB
Presiden Joko Widodo telah disuntik vaksin Covid-19 untuk yang pertama kali di Indonesia bersama sejumlah pejabat tinggi negara, kepala lembaga, tokoh agama hingga tokoh masyakarat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/1). Foto/Setneg

NASIONAL

Jokowi Suntik Vaksin Covid Lagi Besok