Home / EKONOMI

Rabu, 9 September 2020 - 17:57 WIB

Realisasi Stimulus UMKM Capai 36,6 Persen

Ilustrasi stimulus uang Rupiah. Ist

Ilustrasi stimulus uang Rupiah. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan Kunta Wibawa Dasa Nugraha menyampaikan bahwa realisasi stimulus untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga Agustus 2020 mencapai 36,6 persen atau sebesar Rp52,09 triliun dari pagu yang digelontorkan sebesar Rp123,47 triliun.

“Kalau kami lihat memang awal-awal itu agak lambat. Juli hanya terserap Rp1 triliun. Tapi, Agustus ini realisasi bertambah hampir Rp21 triliun,” kata Kunta dikutip dari Antara, Selasa (8/9).

Kunta memaparkan dari pagu Rp123,47 triliun, terdapat lima program yang diusung untuk mendukung pemulihan UMKM di masa pandemi covid-19. Pertama, program subsidi bunga untuk UMKM dikucurkan anggaran sebesar Rp35,28 triliun.

Per Agustus 2020, anggaran yang mampu direalisasikan mencapai Rp2,55 triliun. Kedua, insentif pajak berupa PPh final UMKM ditanggung pemerintah, di mana pelaku UMKM mendapat fasilitas pajak penghasilan final 0,5 persen yang ditanggung pemerintah dengan anggaran Rp2,40 trliun, telah terealisasi Rp302 miliar hingga Agustus.

Ketiga, anggaran Rp6 triliun untuk penjaminan kredit modal kerja baru untuk UMKM melalui PT Jamkrindo dan PT Askrindo terserap Rp51,84 miliar pada periode yang sama.

Keempat, yakni penempatan dana untuk restrukturisasi dengan anggaran Rp78,8 triliun, penyerapannya mencapai Rp41,2 triliun.

Kelima, pembiayaan investasi kepada koperasi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah, yang realisasinya mencapai 100 persen dari anggaran Rp1 triliun.

“Kami tidak berhenti sampai di sini. Setelah selesai mendesain program ini, kami monitoring dan evaluasinya seperti apa. Kalau kondisinya akan naik seperti ini terus, harapan kami stimulus tadi akan terpakai semua,” pungkas Kunta. (keu)

Share :

Baca Juga

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto/Antara

EKONOMI

Menkop UKM: UU Ciptaker Bakal Perkuat KUMKM dalam Rantai Pasok
Pekerja mengangkut pupuk bersubsidi dari gudang untuk didistribusikan. Foto/Antara

EKONOMI

Harga Pupuk Subsidi Naik Karena Penurunan Anggaran
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto/Kemenkop UKM

EKONOMI

Standardisasi Produk Tantangan UMKM Tembus Pasar Global
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Foto/MI

EKONOMI

Selain Berdakwah, Pesantren Diminta Berdagang Tiru Nabi Muhammad
Pengunjung mengenakan masker mengunjungi Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, Senin (15/6/2020). Foto/MI

EKONOMI

Mal dan Restoran di Jabodetabek Wajib Tutup Pukul 19.00
Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

EKONOMI

4 Program BLT Pemerintah Mengalir Hingga 2021
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto/Antara

EKONOMI

Program Kartu Prakerja Bakal Berlanjut hingga 2022
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan menguat pada perdagangan hari ini, Rabu (11/11), ditopang oleh sentimen positif vaksin corona racikan Pfizer. Foto/ANTARA

EKONOMI

Sentimen Positif Vaksin Pfizer, IHSG Diprediksi Menguat