Home / NASIONAL

Rabu, 30 Desember 2020 - 16:45 WIB

Rekrutmen Guru untuk PNS Sudah Tak Ada Lagi di 2021

Ilustrasi guru honorer. Foto/Antara

Ilustrasi guru honorer. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Badan Kepegawaian Negara (BKN) hanya merekrut guru berstatus pegawai pemerintah untuk perjanjian kerja (PPPK) atau kontrak mulai 2021. Rekrutmen guru untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dipastikan ditutup.

“Yang dimaksud status guru sebagai PPPK itu perekrutan nanti tahun 2021 dan ke depannya tidak merekrut guru sebagai PNS,” kata Pelaksana tugas Kepala Biro Humas BKN, Paryono dalam keterangannya, Rabu (30/12).

Paryono memastikan dalam kebijakan tersebut, pihaknya tak ikut mengalihkan guru yang sudah berstatus PNS menjadi PPPK.

“Tidak ada pengalihan status dari PNS ke PPPK bagi guru yang saat ini sudah menjadi PNS,” ujarnya.

Menurut Paryono, guru berstatus PNS tetap menerima gaji maupun uang pensiun sesuai aturan yang berlaku. Namun, guru yang berstatus PPPK tak akan mendapat uang pensiun.

“Pensiun bagi guru yang PNS tetap seperti saat ini, tetapi kalau yang untuk PPPK, kalau melihat dari UU ASN tidak mendapatkan hak pensiun,” katanya.

Sebelumnya, Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyatakan bakal menghapus formasi guru dalam seleksi calon PNS. Keputusan ini diambil karena pihaknya menilai pengelolaan guru akan lebih efektif dengan status PPPK.

Ketika menjadi PNS, kata Bima, guru kerap meminta pindah lokasi pengabdian setelah 4-5 tahun bekerja. Menurutnya, ini mengganggu sistem pengelolaan dan distribusi guru yang sudah disusun pihaknya bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk itu, Bima ingin menutup formasi guru pada CPNS untuk seterusnya. Ia menegaskan status PNS dan PPPK memiliki kedudukan yang setara dengan gaji yang sama, sehingga guru tak perlu khawatir akan perubahan status tersebut.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Sejumlah kamera cctv terpasang di perempatan Jalan Gunung Sahari, Jakarta untuk tilang elektronik (e-TLE). Foto/MI

NASIONAL

Dirlantas Polda Metro: 98 Kamera e-TLE Sudah Dipasang
KPK menilai kisruh bansos terjadi karena kurangnya koordinasi dan lalainya pemda. Foto/Antara

NASIONAL

KPK Siap Kawal Penyaluran Bansos Covid 2021
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7). Foto/AntaraMenko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7). Foto/Antara

NASIONAL

Pemerintah Bakal Berlakukan PPKM Berbasis Mikro
Subdit II Harda Bangtah Ditreskrimum Polda Metro Jaya meringkus delapan orang yang diduga sebagai mafia tanah. Foto/Polri

NASIONAL

Polisi Ungkap Sindikat Pemalsu Sertifikat Tanah di DKI Senilai Rp6 Miliar
Realisasi pembangunan lintas bawah atau Underpass Senen Extension saat ini sudah mencapai 87 persen. . Foto/Media Indonesia

NASIONAL

November 2020, Uji Coba Underpass Senen Extension Dimulai

NASIONAL

Kementan Atur Pelaksanaan Kurban di Tengah Pandemi
Foto: Istimewa

NASIONAL

Lagi, Polisi Tangkap Artis karena Narkoba
Kantor Kemenhub. Ist

NASIONAL

Kemenhub Jadi Klaster Covid-19 Terbesar di DKI