Home / NASIONAL

Rabu, 6 Januari 2021 - 09:17 WIB

Rencana FPI Ubah Nama Jadi Front Persaudaraan Islam

Kepulangan Imam Besar FPI Rizieq Shihab disambut massa pendukungnya. Foto/AFP

Kepulangan Imam Besar FPI Rizieq Shihab disambut massa pendukungnya. Foto/AFP

JAKARTA, BERITANUSA.id – Eks Wakil Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar menyebut pihaknya akan mengganti nama organisasi menjadi Front Persaudaraan Islam. Ini dilakukan buntut dari pembubaran FPI oleh pemerintah pada Desember 2020.

“Front Pembela Islam sudah berlalu. Saat ini waktunya Front Persaudaraan Islam. Front Persaudaraan Islam, Insyaallah namanya,” kata Aziz dalam keterangannya, Selasa (5/1).

Aziz lantas menjelaskan sebetulnya bahwa wadah organisasi baru ini sudah terbentuk sejak 30 Desember 2020. Awalnya, nama wadah baru ini dinamakan Front Persatuan Islam. Namun, kala itu belum ditasbihkan sebagai identitas resmi organisasi.

Ia mengatakan saat itu masih terdapat dinamika dan kompromi di internal para deklarator terkait nama organisasi baru tersebut. Alhasil, nama Front Persaudaraan Islam kini yang dipilih sebagai identitas organisasi.

“Jadi bukan diganti (nama) karena belum dipastikan juga dalam AD/ART yang belum disahkan. Jadi masalah nama masih bisa berkompromi, yang dipastikan kemarin hanyalah wadahnya,” kata Aziz.

“Jadi, Insyaallah ke depan namanya Front Persaudaraan Islam,” tambahnya.

Selain itu, Aziz menjelaskan bahwa Rizieq Shihab sendiri yang mengusulkan agar organisasi baru ini dinamakan Front Persaudaraan Islam.

Ia mengatakan nama-nama deklarator dari Front Persaudaraan Islam tak berbeda dari para deklarator yang membentuk wadah Front Persatuan Islam pada 30 Desember 2020. Saat itu, ada 19 nama deklarator Front Persatuan Islam.

Diketahui, deklarator Front Persatuan Islam antara lain mantan Ketua Umum Front Pembela Islam, Ahmad Sabri Lubis. Kemudian Munarman yang pernah tercatat Sekretaris Umum Front Pembela Islam, Munarman.

“(Nama Front Persaudaraan Islam) usul dari beliau (Rizieq Shihab),” kata Aziz.

Pemerintah sebelumnya telah mengumumkan FPI sebagai organisasi terlarang melalui SKB enam pejabat tinggi kementerian/lembaga pada 30 Desember lalu. Pemerintah kini melarang seluruh kegiatan dan penggunaan simbol FPI di wilayah Indonesia.

(cnn)

Share :

Baca Juga

Mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono mengusulkan agar TNI bisa menggandeng remaja-remaja peretas atau hacker di Indonesia sebagai daya tawar menghadapi gangguan dan hambatan keamanan di sektor siber yang berasal dari luar Indonesia. Foto/Instagram

NASIONAL

Hendropriyono Usul TNI Rekrut Remaja RI Pembobol Situs NASA
Ilustrasi cuaca ekstrem--Seorang warga membawa payung saat melintas di Kawasan Senayan, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

BMKG: Cuaca Ekstrem di 24 Wilayah Mulai 15-21 Februari
ilustrasi ekspor dan impor. Foto/Ist

NASIONAL

Pemerintah Didorong untuk Pemberdayaan Produk Domestik Tekan Impor
Ilustrasi uang Rupiah. Foto/iStock

NASIONAL

Pendaftaran BLT UMKM Diperpanjang hingga Akhir September
Kantor KPK. Foto/Tirto

NASIONAL

Kasus E-KTP, KPK Periksa Mantan Dirut PNRI
Transjakarta. ist

NASIONAL

TransJakarta Buka Rute Baru Tanjung Priok-Ancol Barat
Sampah sisa aksi unjuk rasa di DKI Jakarta. Ist

NASIONAL

Total 398 Ton Sampah Sisa Aksi Unjuk Rasa Diangkut Pemprov DKI
Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi Kapolri usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara hari ini. Foto/Tangkapan Layar Youtube Setpres

NASIONAL

Listyo Sigit Resmi Jabat Kapolri