Home / NASIONAL

Rabu, 24 Februari 2021 - 08:07 WIB

Resmikan Bendungan Napun Gete, Jokowi: Air Kunci Kemakmuran

Bendungan Napun Gete yang merupakan salah satu dari tujuh bendungan yang dibangun semasa pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah siap beroperasi. Foto/BPMI Setpres

Bendungan Napun Gete yang merupakan salah satu dari tujuh bendungan yang dibangun semasa pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah siap beroperasi. Foto/BPMI Setpres

JAKARTA, BERITANUSA.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut air merupakan kunci kemakmuran di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pernyataan tersebut disampaikan saat meresmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, NTT.

“Saya sudah tidak bisa menghitung lagi berapa kali saya datang ke NTT, setiap saya datang ke NTT awal-awal selalu yang diminta bendungan, waduk, dan permintaan itu adalah betul,” ungkap Jokowi seperti dikutip dari siaran kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (23/2).

“Jangan minta yang lain-lain, karena kunci kemakmuran di NTT ini adalah air, begitu ada air semua bisa ditanam, tanaman tumbuh, buahnya diambil, daunnya bisa dipakai untuk peternakan karena di NTT juga sangat bagus untuk peternakan,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyamaikan rencananya ada tujuh bendungan yang akan dibangun di NTT. Dimana tiga di antaranya sudah bisa digunakan, yaitu Bendungan Raknamo di Kupang, Bendungan Rotiklot di Belu, dan Bendungan Napun Gete di Sikka.

“Alhamdulillah ini patut kita syukuri tinggal 4, dalam proses. Tapi tadi pagi gubernur menyampaikan kepada saya minta tambahan dua lagi, padahal provinsi yang lain paling banyak itu dua atau satu,” tuturnya.

“Tapi ya memang di sini dibutuhkan, sangat dibutuhkan seperti Bendungan Napun Gete tadi sudah disampaikan oleh pak bupati nyangkut keluasan 99 hektare, bisa kapasitas tampung airnya 11,2 juta meter kubik, bisa mengairi 300 hektare,” imbuhnya.

(set/pre)

Share :

Baca Juga

Basarnas berhasil mengangkat serpihan pesawat serta potongan tubuh korban dari laut. Foto/Media Indonesia/Ramdani

NASIONAL

RS Polri Terima 16 Kantong Jenazah Korban SJ182
Sejumlah peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Indonesia. Foto/Antara

NASIONAL

Registrasi Akun SNMPTN Diperpanjang hingga 23 Februari
Suasana di Ibu Kota Jakarta. Foto/Sindonews

NASIONAL

PSBB Transisi di Jakarta Mulai Berlaku, Ini Sederet Aturannya
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono. Foto/Polri

NASIONAL

Polri Ultimatum Kapolda Tak Tegas Soal Prokes
Ilustrasi virus corona. Ist

NASIONAL

Update Kasus Corona 15 September: 225.030 Positif, 161.065 Sembuh
PT Transjakarta melipatgandakan frekuensi pencucian armada bus dengan menggunakan desinfektan dan menyediakan cairan pembersih tangan. Foto/MI/Pius Erlangga

NASIONAL

Jam Operasi Transportasi Umum di DKI Diperpanjang
Sepeda motor macet. Foto/Ist

NASIONAL

Soal Sepeda Motor Kena Ganjil Genap, DKI Beralasan Cegah Covid-19
Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Ist

NASIONAL

Wagub DKI Imbau Jemaah Masjid Disiplin Protokol Kesehatan