Home / NASIONAL

Jumat, 19 Februari 2021 - 21:09 WIB

RI Bakal Beli Jet Tempur Rafale dan F-15 Ex

Jet tempur Rafale. Foto/Airspace Review

Jet tempur Rafale. Foto/Airspace Review

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo menyatakan pihaknya akan membeli sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) modern secara bertahap hingga tahun 2024.

Beberapa alutsista yang akan dibeli TNI AU di antaranya pesawat multirole combat aircraft F-15 EX dan Jet Tempur Dassault Rafale.

“Dari berbagai upaya tersebut, kini telah mulai menampakkan titik terang. Mulai tahun ini hingga 2024, kita akan segera merealisasikan akuisisi berbagai alutsista modern secara bertahap,” kata Fadjar dalam keterangan resminya saat berpidato di Rapim TNI AU di Mabes TNI AU, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (19/2).

Jet Tempur Dassault Rafale merupakan pesawat buatan Prancis. Sementara F-15 EX merupakan pesawat buatan Boeing Amerika Serikat (AS).

Selain dua alutsista tersebut, TNI AU juga membidik pesawat berupa multi role tanker transport dan pesawat angkut Hercules jenis C-130 J.

Tak hanya itu, terdapat Radar GCI3, pesawat berkemampuan airborne early warning, UCAV berkemampuan MALE dan berbagai alutsista lainnya.

“Kita juga akan melaksanakan modernisasi berbagai pesawat tempur TNI AU, yang pelaksanaannya akan dimulai pada tahun ini,” kata Fadjar.

Lebih lanjut, Fadjar menegaskan proses pengadaan alutsista modern bertujuan untuk memperkuat kekuatan TNI di udara menjaga kedaulatan negara.

Selain itu, pengadaan alutsista juga memiliki kontribusi upaya diplomasi pertahanan dengan negara lain yang bernilai strategis terhadap konstelasi politik global.

Fadjar juga bercerita pihaknya melakukan beberapa kali revisi pengusulan alutsista yang disesuaikan dengan berbagai kondisi global dan kemampuan negara.

“Meski memiliki pedoman postur, renstra, maupun MEF, dalam pelaksanaannya itu sangat bergantung pada berbagai faktor dan kondisi yang terus berubah secara dinamis,” kata dia.

Fadjar menilai alutsista terbaik harus memenuhi kebutuhan operasi, mendapatkan transfer teknologi dan ilmu pengetahuan serta sesuai dengan kemampuan negara dan kondisi TNI AU.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita mendalam atas kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Jokowi: Duka Cita Atas Kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto/Antara

NASIONAL

Perayaan Imlek, Wapres Minta Pemuka Agama Serukan Prokes
Prajurit TNI menurunkan baliho bergambar Ketua FPI Rizieq Shihab di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto/MI

NASIONAL

Polri Tegaskan Pencopotan Baliho Rizieq karena Langgar Perda
Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Somad. Foto/Medcom/Octavianus Diw Sutrisno)

NASIONAL

Wali Kota Depok Positif Corona
Ilustrasi prostitusi. Foto/iStock

NASIONAL

Tarif Kencan Artis TA Rp75 Juta Sehari
Ilustrasi--Pelabuhan Merak. Foto/Antara

NASIONAL

ASDP Sebut 232 Ribu Penumpang Kembali ke Jawa
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/Setpres

NASIONAL

15 Juta Bahan Baku Vaksin Tiba di Indonesia Besok
Komjen Agus Andrianto. Foto/Detik

NASIONAL

Kabareskim Baru Janji Tuntaskan Kasus KM 50