Home / GLOBAL

Rabu, 17 Februari 2021 - 09:09 WIB

RI-Hungaria Bahas Kerja Sama Ekonomi hingga Myanmar

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto/Antara

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria Péter Szijjártó. Beberapa topik yang dibahas di antaranya kerja sama ekonomi, Myanmar, Palestina, hingga sawit.

Selain itu, kedua menlu juga menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk peningkatan kapasitas diplomatik dan Letter of Intent (LoI) untuk membentuk Indonesia-Hungary Investment Fund.

Pada kesempatan tersebut, Menlu Retno turut menyampaikan pandangannya terkait kudeta militer di Myanmar. Ia menegaskan bahwa posisi Indonesia adalah mendukung keselamatan rakyat.

“Saya menyampaikan bagi Indonesia keselamatan dan kesejahteraan rakyat Myanmar harus menjadi prioritas utama dan upaya untuk mengamankan berlanjutnya transisi inklusif menuju demokrasi perlu dikedepankan,” jelas Retno dalam konferensi pers virtual, Selasa (16/2).

Selain soal Myanmar, isu lain yang dibahas di antaranya masalah sawit di Uni Eropa. Menlu Retno kembali menggemakan narasi pemerintah bahwa sawit Indonesia sedang didiskriminasi di Eropa. Ia berharap ada pemahaman yang baik antara Uni Eropa dan Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Menlu Retno juga membahas masalah Palestina. DIa juga meminta dukungan agar terwujud solusi yang permanen di level internasional.

“Mendukung upaya-upaya untuk mencapai solusi yang adil dan permanen untuk isu Palestina sesuai parameter yang disetujui secara internasional,” ujarnya.

(kem/lu)

Share :

Baca Juga

Presiden terpilih AS Joe Biden. Foto/Ist

GLOBAL

Joe Biden Dilantik Hari Ini, Sejumlah Tugas Berat Menanti
Ekonomi Singapura masuk dalam resesi pada kuartal terakhir seiring dengan terpukulnya bisnis dan belanja ritel akibat perpanjangan karantina wilayah alias lockdown. (Foto: MSN)

EKONOMI

Akibat Pandemi Virus Corona, Singapura Masuk Resesi

GLOBAL

China Berikan Hak Paten Vaksin Virus Corona Pertama
Kasus Covid-19 di Meksiko resmi tembus satu juta pada Sabtu (14/11) waktu setempat. Foto/AFP

GLOBAL

Kasus Positif Covid-19 di Meksiko Tembus 1 Juta
Ledakan besar terjadi di pelabuhan Beirut, Lebanon. Foto/Istt

GLOBAL

Ledakan Besar Terjadi di Lebanon, Ratusan Bangunan Hancur
Ilustrasi vaksin China. Foto/AFP

GLOBAL

China Bagikan Vaksin Covid Secara Global, RI Dapat 40 Juta
Masyarakat berjalan-jalan di shopping area di Tokyo, jepang pada 12 Mei 2020. Foto/AFP

GLOBAL

Jepang Laporkan 2.000 Kasus Harian Covid untuk Pertama Kali
Vaksin virus Corona. Foto/Ist

GLOBAL

Bahrain Gratiskan Vaksin Covid-19