Home / NASIONAL

Kamis, 8 Oktober 2020 - 09:25 WIB

Ribuan Aparat Gabungan Terjun Amankan Demo Tolak Omnibus Law

Polri siap amankan aksi unjuk rasa. Foto/Ist

Polri siap amankan aksi unjuk rasa. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Ribuan aparat gabungan dari TNI, Polri, dan Satpol PP bakal diterjunkan mengamankan aksi demonstrasi tolak Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja di DKI Jakarta, Kamis (8/10).

Aksi massa yang diikuti kelompok buruh, mahasiswa, dan masyarakat lainnya bakal memusatkan aksi di depan Istana Negara, Jakarta. Mereka ingin mendesak Presiden Joko Widodo membatalkan UU Cipta Kerja.

“9.346 personel kita turunkan di DKI Jakarta,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Rabu (7/10).

Yusri menyatakan pihaknya bisa kembali menambah pasukan jika memang dibutuhkan untuk memastikan situasi keamanan tetap kondusif.

Selain menyiagakan personel, kata Yusri, pihaknya juga tetap mengimbau masyarakat tak menggelar demo lantaran DKI Jakarta masih menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

“Kita harap teman-teman semua tidak melakukan kegiatan, berkumpul-kumpul di masa PSBB,” ujarnya.

Sejak kemarin, aparat kepolisian menangkap sekitar 200 orang yang hendak menggelar demo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (7/10). Polisi menuding ratusan orang tersebut dari kelompok anarko.

Ratusan orang itu diamankan di berbagai wilayah, antara lain di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat. Dari hasil pemeriksaan, mereka mendapat informasi ajakan untuk berdemo dari media sosial.

Sebanyak 90 dari 200 orang tersebut pun menjalani rapid test untuk memeriksa apakah mereka terpapar virus corona atau tidak. Hasilnya, 12 orang terindikasi terpapar Covid -19 dan selanjutnya dibawa ke Polda Metro untuk menjalani tes usap atau swab test.

Hari ini kelompok buruh, mahasiswa, dan masyarakat bakal menggelar aksi di depan Istana Negara, Jakarta. Mereka ingin mendesak Presiden Joko Widodo membatalkan UU Cipta Kerja. Namun, Jokowi telah memiliki agenda kunjungan kerja ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

(cnn/idn)

Share :

Baca Juga

Pintu air Manggarai. Ist

NASIONAL

1.689 Meter Kubik Sampah Diangkut dari Pintu Air Manggarai
Rizieq Shihab. Foto/AFP/Bay Ismoyo

NASIONAL

Pasal Penghasutan Jerat Rizieq Shihab
Sejumlah puing dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Foto/Antara

NASIONAL

RS Polri Terima 155 Kantong Jenazah Korban SJ 182
Suasana malam pergantian tahun di kawasan Bundaran HI, Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Kerumunan Saat Malam Tahun Baru di DKI Bakal Dibubarkan
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kiri) dan Dirut BPJS Kesehatan Fahmi Idris (kanan) mengikuti rapat kerja dengan DPR RI. Foto/Antara

NASIONAL

Vaksinasi Covid Masih Tunggu Izin dari BPOM
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam Rapim TNI-Polri. Foto/dok Polri

NASIONAL

Kapolri Perintahkan Jajaran Tindak Tegas Mafia Tanah
Presiden Joko Widodo membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2020 sebagaimana diunggah pada kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 22 Oktober 2020. Foto: BPMI Setpres/Lukas

NASIONAL

Presiden Jokowi Minta Anak Muda Tak Gengsi Jadi Petani
Sidang lanjutan kasus Bahar bin Smith menghadirkan saksi meringankan, Kamis (16/5). Foto/Antara

NASIONAL

Bahar Smith Tulis Surat Soal Rizieq Shihab Ditahan