Home / NASIONAL

Jumat, 5 Maret 2021 - 08:31 WIB

Ridwan Kamil Minta Pusat Perketat Pintu Masuk Internasional

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto/Antara

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta pemerintah pusat memperketat jalur ataupun pintu masuk internasional ke Indonesia demi mengantisipasi penyebaran varian baru virus corona B117.

Permintaan itu diutarakan Emil–sapaan akrab Ridwan Kamil–menyusul ditemukannya kasus infeksi dari varian corona baru asal Inggris tersebut di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

“Saya mewaspadai dan kelihatannya masih banyak di tempat-tempat lain karena pintu-pintu masuknya internasional. Oleh karena itu saya titip pada pemerintah pusat, pintu-pintu masuk itu testing-nya harus serius,” kata Emil, sapaan akrabnya di Kabupaten Bandung Barat, Kamis (4/3).

Emil menyerahkan rencana pembatasan maupun pengetatan pintu-pintu masuk internasional ke pemerintah pusat yang memiliki wewenang. “Karena Jawa Barat kan bukan pintu masuk internasional. Kita (Jawa Barat) sifatnya hanya mengantisipasi kalau sudah masuk,” kata dia.

Di sisi lain, Emil tetap mengimbau masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. Meski varian baru virus corona tersebut lebih cepat menyebar, perlakuan untuk melawan virus kata dia masih sama dengan yang lazim diterapkan selama ini.

“Karakternya itu dia penularannya lebih cepat, penyembuhannya lebih lama. Jadi treatment-nya enggak ada beda asal kita pakai masker, pakai 3 M. Makanya disiplinnya harus tinggi,” kata mantan Wali Kota Bandung itu.

Adapun temuan dua kasus virus corona B117 sejauh ini diketahui berasal dari perjalanan dua orang warga Indonesia yang pulang dari dari Arab Saudi. Keduanya merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang hendak pulang kampung ke Karawang pada akhir Januari lalu.

Dua pekerja migran itu mendarat di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta. Mereka diketahui terpapar corona B117 setelah menjalani swab test setibanya dari luar negeri.

Namun, kedua pasien tersebut setelah menjalani isolasi dan kini telah dinyatakan negatif Covid-19 usai swab ulang.

“Jadi per hari ini, dua kasus itu sudah tidak ada,” kata Emil.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Foto/Ist

NASIONAL

Panglima TNI Perintahkan Jajarannya Amankan Pilkada
Perguruan Tinggi di DIY akan memberlakukan daring dan luring untuk mahasiswa tahun ajaran baru. Foto/Antara

NASIONAL

Mepet Waktu Persiapan Sekolah dan Kuliah Tatap Muka Awal 2021
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo saat uji kelayakan dan kepatutan di ruang Komisi III DPR, Rabu (20/1). Foto/DPR RI

NASIONAL

8 Komitmen Komjen Listyo Sigit Bila Jadi Kapolri
Alat GeNose diterapkan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Pemerintah Fasilitasi GeNose Gratis di Terminal Pulo Gebang
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

Idham Azis Yakin ‘Tangan Dingin’ Listyo Sigit Bawa Polri Lebih Baik
Ketimpangan sosial di ibu kota Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

Pemulihan Ekonomi Harus Prioritaskan Masyarakat Menengah Bawah
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas (ratas) yang membahas terkait membahas mengenai korporasi petani dan nelayan dengan tujuan meningkatkan taraf hidup mereka serta mewujudkan transformasi ekonomi melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/10). Foto/BPMI Setpres: Lukas

NASIONAL

Sektor Pertanian Jadi Penyumbang Tertinggi Pertumbuhan Ekonomi Nasional
Operasi zebra 2020. Foto/Ist

NASIONAL

Belasan Pelanggar Terjaring Operasi Zebra di Kota Bekasi