Home / NUSANTARA

Selasa, 28 Juli 2020 - 15:58 WIB

Ringkus Sindikat Sertifikat Pelaut Palsu, Kemenhub Beri Penghargaan Polres Jakut

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan piagam penghargaan kepada Polres Metro Jakarta Utara yang telah berhasil meringkus 11 anggota sindikat yang memperjualbelikan sertifikat keterampilan pelaut palsu. Foto: Polda Metro Jaya

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan piagam penghargaan kepada Polres Metro Jakarta Utara yang telah berhasil meringkus 11 anggota sindikat yang memperjualbelikan sertifikat keterampilan pelaut palsu. Foto: Polda Metro Jaya

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan piagam penghargaan kepada Polres Metro Jakarta Utara yang telah berhasil meringkus 11 anggota sindikat yang memperjualbelikan sertifikat keterampilan pelaut palsu.

“Polres Metro Jakarta Utara bersama dengan tim Satgas Kemenhub berhasil mengungkap sindikat pemalsuan sertifikat keterampilan pelaut dengan melakukan ilegal akses atau hacking pada situs resmi Kemenhub RI,” terang Menteri Perhubungan RI Budi Karya di Kantor Kementerian Perhubungan, Senin kemarin.

Menteri Perhubungan menjelaskan sindikat tersebut menjalankan aksinya dengan mencari orang-orang yang ingin bekerja sebagai pelaut dan menawarkan jasa pembuatan sertifikat keterampilan pelaut.

Sindikat tersebut juga menyuap oknum pegawai honorer di Kemenhub untuk menyelundupkan blanko sertifikat keterampilan pelaut asli yang berada di gudang Kemenhub.

Setelah berhasil mendapatkan blanko sertifikat keterampilan pelaut asli, sindikat tersebut kemudian meretas situs resmi Kemenhub RI untuk mendaftarkan sertifikat tersebut. Sehingga saat diperiksa secara daring nama maupun nomor sertifikat tersebut terdaftar di situs resmi Kementerian Perhubungan RI.

Sertifikat ini sebenarnya asli tapi palsu. Mereka menawarkan dengan jaminan blanko sertifikat asli buatan Peruri dan nomor sertifikat pelaut teregistrasi di situs Kemenhub.

Kemenhub mengucapkan selamat setinggi-tingginya atas kinerja petugas gabungan Polres Metro Jakarta Utara – Kemenhub berhasil melacak jejak komplotan ini dan meringkus 11 orang yang terlibat meski bekerja dengan sangat rapi. (pmj)

Share :

Baca Juga

Bupati Bogor Ade Yasin. Foto/MI

NASIONAL

Bupati Bogor Pastikan Banjir Bandang Tak Telan Korban Jiwa
Gunung Merapi. Foto/Ist

NASIONAL

Jalur Evakuasi Warga dari Erupsi Merapi Rusak Parah
Gunung Merapi mengeluarkan empat kali guguran lava pijar. Foto/Antara

NUSANTARA

Gunung Merapi Keluarkan 2 Kali Awan Panas hingga 19 KM
Warga berdiri di depan rumahnya terendam banjir di Desa Hasan Kareueng, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe, Aceh, Senin (16/12/2019). Foto/Antara

NUSANTARA

Banjir di Kabupaten Aceh Timur Rendam 226 Desa
Polda Kalsel evakuasi warga korban banjir. Foto/Polri

NUSANTARA

Polda Kalsel Kerahkan Personel Evakuasi Korban Banjir
Cuaca Jakarta. Foto/Antara

NUSANTARA

BMKG Prakirakan Jakarta Cerah Berawan Hari Ini
Banjir masih menjadi ancaman besar di wilayah Kalimantan Selatan, bahkan masuk dalam zona merah. Foto/Media Indonesia

NASIONAL

Banjir Juga Terjang Kalimantan Utara
Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo, meresmikan Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Dhira Brata Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Palangkaraya. (Foto: dok. Humas Polri)

NUSANTARA

Dhira Brata Peduli Covid-19, Laboratorium PCR Pertama se-Indonesia Diresmikan