Home / NASIONAL

Rabu, 20 Januari 2021 - 14:15 WIB

RS Polri Terima 324 Kantong Jenazah Korban Sriwijaya Air

Basarnas berhasil mengangkat serpihan pesawat serta potongan tubuh korban dari laut. Foto/Media Indonesia/Ramdani

Basarnas berhasil mengangkat serpihan pesawat serta potongan tubuh korban dari laut. Foto/Media Indonesia/Ramdani

JAKARTA, BERITANUSA.id – Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur telah menerima 324 kantong jenazah korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 hingga Rabu (20/1).

Komandan Disaster Victim Identification (DVI) Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri Kombes Hery Wijatmoko menerangkan, hingga saat ini pihaknya masih mengidentifikasi para korban.

“Total body part, body bag yang kami terima dari fase satu dari Tanjung Priok sebanyak 324 kantong. Tadi malam ada penambahan,” kata Hery kepada wartawan dalam konferensi pers di RS Polri.

Sementara jumlah sampel DNA yang diterima sebanyak 328. Sejauh ini, polisi sudah berhasil mengidentifikasi 40 korban jatuhnya pesawat tersebut di Kepulauan Seribu. Artinya, masih ada 22 korban yang belum teridentifikasi oleh kepolisian.

“Sebelumnya dari 40 korban teridentifikasi, 27 korban sudah diserahkan pada keluarganya,” ucap Hery.

Pesawat dengan rute Jakarta-Pontianak itu mengangkut total 50 penumpang dan 12 kru. Pesawat jatuh setelah sempat hilang kontak dari pusat kontrol pada Sabtu (9/1) sore.

Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) telah memutuskan untuk memperpanjang kembali operasi pencarian dan evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada Senin (18/1) lalu. Operasi pencarian itu sudah berlangsung lebih dari sepuluh hari sejak kecelakaan terjadi.

Perpanjangan dalam tiga hari ke depan atau 18-20 Januari 2021 itu merupakan upaya perpanjangan kedua kalinya. Sebab sejauh ini Crash Survivable Memory Unit (CSMU) dari black box jenis Cockpit Voice Recorder (CVR) belum ditemukan.

Sementara PT Jasa Raharja telah menyalurkan santunan kepada 25 korban yang telah diidentifikasi dan diumumkan. Setiap korban meninggal dunia menerima santunan sebesar Rp50 juta sesuai Peraturan Menteri Keuangan No. 15 Tahun 2017.

Kepala Divisi Pelayanan Jasa Raharja Haryo Pamungkas mengatakan santunan tersebut langsung diberikan kepada ahli waris dari tiap korban kurang dari 24 jam setelah identifikasi diumumkan ke publik.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Kompas

NASIONAL

Anies Mulai Berlakukan Kembali PSBB Transisi di Jakarta Hari Ini
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kiri). Foto/Antara

NASIONAL

DKI Akan Buka Sekolah Tatap Muka Mulai dari Kampus
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/Setpres

NASIONAL

Menkes Siap Jadi Orang Pertama yang Divaksin Sebelum Jokowi
Murid mengikuti simulasi pembelajarantatap muka di SDN Karang Raharja 02, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (15/12). Foto/Antara

NASIONAL

Orang Tua Siswa Masih Khawatir Sekolah Tatap Muka
KPU. Foto/Ist

NASIONAL

KPU Batasi Kampanye Pilkada 2020
Ilustrasi Vaksin Covid-19. Foot/Antara

NASIONAL

Daftar Lokasi Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di DKI
Tenaga kesehatan khusus menangani pasien covid-19. Foto/Antara

NASIONAL

Meski Tak Terima SMS, Semua Nakes Tetap Suntik Vaksin
Ilustrasi virus corona. Foto/Ist

NASIONAL

Update Kasus Corona 4 September: 187.537 Positif 134.181 Sembuh