Home / NASIONAL

Rabu, 24 Februari 2021 - 19:19 WIB

Satgas Evaluasi Kerumunan Saat Vaksinasi Warga Tanah Abang

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7). Foto/Antara/Akbar Nugroho Gumay

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7). Foto/Antara/Akbar Nugroho Gumay

JAKARTA, BERITANUSA.id – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyebut pemerintah masih mengevaluasi kerumunan warga yang terjadi Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (22/2).

Kerumunan itu terjadi saat warga menunggu antrean vaksinasi tahap kedua yang menargetkan petugas pelayanan publik, salah satunya pedagang pasar.

Satgas menyebut perlu ada penjadwalan yang runtut dan baik sehingga mampu meminimalkan kerumunan yang terjadi.

“Terkait teknis di lapangan seperti ini masih menjadi bahan evaluasi satgas dan kementerian kesehatan, termasuk penjadwalan yang lebih baik,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito melalui pesan singkat, Rabu (24/2).

Namun selain evaluasi dari pemerintah, Wiku juga berpesan kepada warga sasaran vaksinasi untuk patuh terhadap penjadwalan dan tetap menjalankan protokol kesehatan 3M yang meliputi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Hal ini juga harus diikuti kerja sama dengan pendaftar yang juga harus mentaati aturan termasuk protokol kesehatan,” kata dia.

Dalam kerumunan warga tempo hari lalu, pihak kepolisian ikut turun tangan dengan menyetop aktivitas vaksinasi Covid-19 lantaran kepadatan antrean peserta itu. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pun mewanti-wanti panitia penyelenggara vaksinasi Covid-19 di Pasar Tanah Abang untuk lebih tertib ke depannya.

Riza meminta panitia lebih bisa mengatur waktu bagi para penerima vaksin. Hal ini, kata dia, dapat meminimalkan dampak kerumunan dari antrean tersebut.

Politikus Partai Gerindra itu juga menilai kerumunan itu terjadi lantaran antusiasme warga. Oleh sebab itu, ia meminta agar warga tetap sabar menanti giliran mendapat vaksin.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus (tengah) menyampaikan keterangan pers. Foto/Antara

NASIONAL

Polisi Tangkap Pembawa Sabu 201 Kg Jaringan Timteng
Rizieq Shihab. Foto/AFP/Bay Ismoyo

NASIONAL

Pasal Penghasutan Jerat Rizieq Shihab
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Foto/Ist

NASIONAL

Mulai 2021, Dana BOS di Daerah 3T Akan Ditambah
Kantor KPK. Foto/Tirto

NASIONAL

Ubah Struktur Organisasi, KPK Buat 19 Jabatan Baru
Ilustrasi--Masjid. Foto/Istimewa

NASIONAL

Muhammadiyah: 1 Ramadan Jatuh 13 April 2021
Petugas menyemprot cairan disinfektan di ruangan kelas SMK Kosgoro, Bogor. Foto/Antara

NASIONAL

Kemendikbud Sebut Sekolah Tatap Muka Kebijakan Pemda
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam Rapim TNI-Polri. Foto/dok Polri

NASIONAL

Kapolri Imbau Warga Waspada Soal Munculnya Corona B117
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Rakyat Merdeka

NASIONAL

Anies Baswedan Temui Rizieq Shihab Semalam