Home / NASIONAL

Selasa, 26 Januari 2021 - 14:34 WIB

Satgas Izinkan Penumpang Kereta Api Tes Covid Pakai GeNose

Petugas berpatroli untuk memantau penerapan protokol kesehatan oleh penumpang dalam rangkaian KRL, di Jakarta. Foto/Antara

Petugas berpatroli untuk memantau penerapan protokol kesehatan oleh penumpang dalam rangkaian KRL, di Jakarta. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memperbolehkan penumpang kereta api jarak jauh di wilayah Pulau Jawa menggunakan GeNose untuk tes Covid-19. Aturan itu dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 5 Tahun 2021.

Penumpang kereta api jarak jauh bisa memilih tiga opsi tes sebelum keberangkatan. Selain GeNose, penumpang boleh melakukan tes RT-PCR atau rapid test antigen.

“Khusus untuk perjalanan dengan menggunakan kereta api di luar kawasan satu aglomerasi, selain menggunakan RT-PCR dan rapid test antigen atau GeNose test,” bunyi protokol nomor 3 huruf c angka iv SE Nomor 5 Tahun 2021, dikutip Selasa (26/1).

SE tersebut mengatur pelaku perjalanan laut atau kereta api antarkota wajib menunjukkan hasil tes negatif Covid-19. Surat keterangan negatif Covid-19 berlaku jika pengambilan sampel dilakukan maksimal tiga hari sebelum perjalanan.

Aturan surat negatif Covid-19 hanya berlaku untuk remaja dan orang dewasa. Anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak wajib melakukan tes RT-PCR ataupun rapid test antigen.

“Surat edaran ini berlaku efektif mulai tanggal 26 Januari 2021 sampai dengan tanggal 8 Februari 2021 dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai kebutuhan,” bunyi akhir surat edaran itu.

GeNose adalah alat tes Covid-19 yang dibuat oleh para akademisi Universitas Gadjah Mada.

Seseorang diminta mengembuskan napas ke sebuah tabung saat tes. Lalu mesin akan mendeteksi keberadaan virus corona dalam tabung tersebut.

GeNose disebut jadi alternatif karena harga yang sangat murah. Tes ini hanya bertarif Rp15 ribu setiap tes. Harga itu jauh di bawah harga tes PCR sekitar Rp900 ribu.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi PLN. Ist

NASIONAL

Tarif Listrik Non-Subsidi Turun Mulai Oktober
Tangkapan layar situs Aisha Weddings

NASIONAL

Aisha Weddings Dipolisikan Karena Anjurkan Nikah Muda
Mahasiswa demo tolak Omnibus Law. Foto/Antara/Arnas Padda

NASIONAL

Mahasiswa Geruduk Istana Demo Tolak Omnibus Law Besok
Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi Kapolri usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara hari ini. Foto/Tangkapan Layar Youtube Setpres

NASIONAL

Kapolri Listyo: Tangani Covid, Kawal Ekonomi
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lansia. Foto/Antara

NASIONAL

Kemenkes Pastikan Ketersediaan Vaksin Covid bagi Lansia
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi orang pertama dari institusi TNI yang mengikuti program vaksinasi Covid-19 di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/1). Tangkapan layar/Youtube Sekretarriat Presiden

NASIONAL

Panglima TNI Imbau Prajurit dan Warga Ikut Vaksinasi
Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

Distribusi Vaksin ke Daerah Ditargetkan Rampung Maret 2021
Angkie Yudistia Staf Khusus Presiden RI. Foto/IG Angkie

NASIONAL

Stafsus Sampaikan Pesan Presiden Jokowi Soal SJ 182