Home / NASIONAL

Jumat, 21 Agustus 2020 - 13:56 WIB

Satgas Klaim Penanganan Covid-19 di Indonesia Lebih Baik

uru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Wiku Adisasmito. Foto: Setkab

uru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Wiku Adisasmito. Foto: Setkab

JAKARTA, BERITANUSA.id – Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, penanganan di Indonesia lebih baik dari rata-rata dunia. Seperti kasus aktif, di Indonesia sebanyak 40.119 kasus atau 27,2 persen lebih rendah dari rata-rata dunia sebesar 28,7 persen.

Penambahan kasus baru per 20 Agustus 2020, bertambah 2.266 kasus. Adapun jumlah pasien sembuh dari Covid-19 telah menembus angka 100.674 kasus atau 68,3 persen. Sementara rata-rata dunia berada di angka 67,76 persen.

“Sedangkan kasus meninggal (rata-rata) di dunia adalah 3,50 persen, Indonesia masih 4,35 persen diatas dari rata-rata dunia,” kata Wiku Kamis (20/8).

Untuk di tingkat daerah, juga terdapat 46 kabupaten/kota dengan kasus aktif di bawah 10 persen berdasarkan data per 16 Agustus 2020 dan di bawah rata-rata nasional dan dunia yang rinciannya tersebar di provinsi Sumatra Selatan ada lima kabupaten/kota.

Terdapat dua kabupaten/kota di provinsi Sumatra Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat dan Bali. Masing-masing 3 kabupaten/kota di provinsi Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan Papua Barat.

Menurut Wiku, terdapat satu kabupaten/kota masing-masing di provinsi Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Maluku Utara sedangkan untuk Jawa Timur terdapat enam kabupaten/kota.

Wiku juga mengatakan terdapat juga perkembangan zonasi signifikan membaik dan selama ini tidak pernah memburuk. Antara lain Jembrana (Bali), Serang (Banten), Garut, dan Pangandaran (Jawa Barat), Situbondo dan Tulungagung (Jawa Timur), Sukamara (Kalimantan Tengah) dan Belitung (Kep. Bangka Belitung).

Kondisi di Bali memiliki persentase kesembuhan mencapai 87,7 persen dan termasuk provinsi dengan tingkat kesembuhan diatas rata-rata nasional dan tingkat kematian 1,52 persen di bawah rata-rata nasional dan dunia.

“Kegiatan yang antisipatif ini perlu diantisipasi sehingga persebaran kasusnya dapat terkendali. Termasuk dilakukan penutupan beberapa tempat wisata, termasuk sabung ayam atau taken yang merupakan tradisi warga Bali dan meniadakan beberapa kegiatan adat dan agama,” kata Wiku. (inf/pub)

Share :

Baca Juga

Gunung Api Ili Lewotolok mengeluarkan material vulkanik erupsi di Kabupaten Lembata, NTT, Minggu, 29 November. Foto/Antara/Aken Udjan

NASIONAL

Gunung Ili Lewotok Erupsi, Semburkan Kolom Abu 1.500 Meter
Warga menunjukkan contoh surat suara saat simulasi pemungutan suara pemilihan serentak 2020 di Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Tata Cara Pencoblosan Pilkada Serentak di Tengah Pandemi
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/MI

NASIONAL

Komjen Listyo Sigit Jadi Calon Tunggal Kapolri
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (10/4). Foto/Antara

NASIONAL

Polisi Tutup Jalan Sudirman-Thamrin Saat Malam Tahun Baru
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kiri). Foto/Antara

NASIONAL

Wagub DKI Klaim Imlek Tak Berdampak Lonjakan Kasus Covid
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, menerima Laporan Korps Kenaikan Pangkat 23 Perwira Tinggi TNI, bertempat di Mabes TNI. Foto/TNI

NASIONAL

Panglima TNI Naikkan Pangkat 23 Perwira Tinggi
Petugas mengoperasikan alat deteksi dini COVID-19 bernama GeNose C19 di Gedung Binagraha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/1). Foto/Antara

NASIONAL

Bioskop Akan Buka Alat Tes GeNose untuk Penonton
Kemacetan di jalan protokol di Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Jakarta Keluar dari 10 Besar Kota Termacet di Dunia