Home / EKONOMI

Kamis, 7 Januari 2021 - 21:36 WIB

Satgas Pangan Telusuri Dugaan Penimbunan Kedelai

Ilustrasi-Industri tempe. Foto/Antara

Ilustrasi-Industri tempe. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kementerian Perdagangan Syailendra mengatakan Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri tengah mengerahkan tim Satgas Pangan untuk menelusuri dugaan penimbunan kedelai imbas kenaikan harga di pasaran.

“Iya kan dugaan bisa, tapi kan sudah dicek. Nanti kita lihat saja lah hasilnya dari Bareskrim dari Satgas Pangan. Kita lihat hasil dari Satgas Pangan Bareskrim nanti kita lihat hasilnya, kan masih turun di lapangan juga,” kata dia dalam keterangannya, Kamis (7/1).

Syailendra menyebutkan bahwa Kemendag turut dilibatkan dalam melakukan pengecekan stok kedelai di pasaran. Melalui pengecekan ini, Kemendag menjamin stok kedelai saat ini aman terkendali.

“Satgas pangan dalam hal ini, memang satgas pangan dengan teman teman dari Ditjen PKPN (Kemendag) sih sedang turun ke lapangan untuk memverifikasi, mengecek stok,” jelasnya.

Kemendag pun menunggu hasil penelusuran yang dilakukan oleh tim Bareskrim. Sejauh ini, Syailendra meyakini tidak terjadi penimbunan kedelai, mengingat bahan baku tahu tempe ini tak bisa disimpan dalam jangka waktu lama.

“Sejauh ini yang kita yakini tidak ada karena kalau ada penimbunan nggak mungkin orang bisa kerja karena stok kedelai itu nggak pernah bisa banyak. Kalau kebanyakan dia stok rusak barangnya, siapa yang berani nyetok. Nggak bisa (disimpan lama-lama) rusak itu jamur. Mana mungkin lah kalau kedelai disimpan itu, dua bulan itu nggak mungkin,” lanjutnya.

(heq)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo berswafoto dengan aparatur sipil negara saat peringatan hari ulang tahun ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Istora Senayan, Jakarta. Foto/Antara

EKONOMI

Rencana Gaji ASN Minimum Rp9 Juta Lukai Hati Rakyat
Pekerja saat bekerja memproduksi mobil di pabrik Honda, Wuhan, Tiongkok. Foto/AFP via South China Morning Post

EKONOMI

Ketua OJK: Mobil dan Motor Menumpuk Tak Terjual
Calon penumpang meniup kantong saat mengikuti tes Covid-19 dengan GeNose C19 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (18/2/2021). Foto/Kontan

EKONOMI

Bandara Sediakan Tes GeNose Mulai 1 April
Foto/Kemenperin

EKONOMI

Kemenperin Siapkan Insentif Fiskal Bagi Industri Hijau
Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

UMKM Jangan Menyerah
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani. Foto/Ist

EKONOMI

Menkeu Pastikan Indonesia Masuk Resesi, Apa Dampaknya?
Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif. Foto/MI

EKONOMI

Kekhawatiran China Bisa Jadi Investor Terbesar di RI
Ilustrasi SPBU mobil listrik. Foto/Liputan6.com

EKONOMI

Pemerintah Bakal Bangun 2.400 SPBU Mobil Listrik hingga 2025