Home / GLOBAL

Senin, 13 Juli 2020 - 14:21 WIB

Sebagian Wilayah Spanyol Kembali Lockdown

Ilustrasi Lockdown. (Foto: IST)

Ilustrasi Lockdown. (Foto: IST)

JAKARTA, BERITANUSA.id – Ratusan ribu penduduk Catalonia di timur laut Spanyol diperintahkan kembali lakukan lockdown.

Hal ini dilakukan setelah kasus penularan virus corona kembali melonjak di Spanyol, Minggu (12/7). Sebanyak 140 ribu warga diminta hanya meninggalkan rumah untuk bekerja dan melakukan aktivitas penting saja.

Pemerintah wilayah Catalonia mengatakan kepada penduduk di dan sekitar kota Lerida di timur laut untuk kembali melakukan isolasi.

“Orang-orang harus tinggal di rumah,” kata pejabat kesehatan regional Alba Verges seperti dikutip AFP.

“Kita harus memutus rantai penularan,” lanjutnya seperti dikutip AP.

Seminggu sebelumnya, pemerintah Catalan telah membatasi warga utnuk bepergian dari dan ke negara bagian El Segria. Sebab, wilayah dengan populasi 210 ribu itu telah mengalami penambahan penularan Covid-19.

Wabah di daerah pedesaan terkait dengan dengan pekerjaan di lahan pertanian. Sebab, lahan pertanian ini kerap mempekerjakan pegawai harian musiman.

Otoritas kesehatan Catalan juga terus memantau wabah di Hospitalet, sebuah kota padat penduduk di wilayah metropolitan Barcelona yang lebih besar. Secara total, timur laut Catalonia melaporkan lebih dari 800 kasus baru pada Minggu.

Spanyol baru membuka lockdown nasional pada pertengahan Juni lalu. Saat itu lockdown dilakukan selama tiga bulan untuk mengendalikan virus yang telah secara resmi merenggut sedikitnya 28.000 jiwa.

Laporan terbaru juga menunjukkan percepatan peningkatan infeksi di sebagian besar negara dunia. Sejak awal Juli, hampir 2,5 juta infeksi baru telah dilaporkan.

Ini adalah rekor baru sejak wabah penyakit itu dilaporkan di China tahun lalu. Berdasarkan angka resmi, hanya dalam satu setengah bulan jumlah kasus di seluruh dunia naik dua kali lipat. (cnn)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Foto/Freepik

GLOBAL

Singapura Mulai Vaksinasi Corona
Raja Malaysia Sultan Abdullah Ri'ayatuddin. Ist

GLOBAL

Keracunan Makanan, Raja Malaysia Dilarikan ke RS
Ilustrasi hacker. Foto/Thinkstock

GLOBAL

Selebgram Nigeria Bantu Hacker Korut Curi Rp18,3 T
Pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi. Foto/AFP

GLOBAL

Kudeta Militer Terjadi di Myanmar
Angelina Jolie versi Iran. Foto/Instagram

GLOBAL

Angelina Jolie Versi Iran Dibui 10 Tahun
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melakukan kunjungan kerja dengan mitranya di Inggris, Menlu Dominic Raab. Foto/Ist

GLOBAL

Indonesia-Inggris Bahas Soal Kerja Sama Vaksin Covid
ILustrasi rudal. Foto/AFP

GLOBAL

Militer Suriah Cegat Rudal Israel di Langit Damaskus
Setelah diresmikan menjadi nama sebuah jalan utama di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), nama Presiden Joko Widodo juga akan diabadikan menjadi nama sebuah masjid yang rencananya akan dibangun di kawasan Embassy Area, Abu Dhabi. Foto/Ist

GLOBAL

Selain Jalan, UEA Juga Resmikan Masjid Presiden Joko Widodo