Home / NASIONAL

Jumat, 2 Oktober 2020 - 09:02 WIB

Sejarah Peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober

Ilustrasi batik. Foto/Ist

Ilustrasi batik. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Tanggal 2 Oktober yang jatuh tepat di hari ini, Jumat (2/10), diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Seluruh pegawai instansi pemerintahan maupun swasta diwajibkan mengenakan batik sebagai tanda memperingati hari tersebut.

Namun, mengapa setiap tanggal 2 Oktober diperingati Hari Batik Nasional?

Dikutip Beritanusa.id dari Wikipedia, Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 lalu oleh UNESCO.

Untuk itu, setiap tanggal 2 Oktober dirayakan sebagai Hari Batik Nasional. Di hari itu pula, warga Indonesia disarankan untuk mengenakan batik dalam beraktivitas sehari-hari.

Sejarah Hari Batik Nasional

Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia internasional oleh Presiden Soeharto saat mengikuti konferensi PBB. Batik Indonesia didaftarkan untuk mendapat status intangible cultural heritage (ICH) melalui kantor UNESCO di Jakarta oleh kantor Menko Kesejahteraan Rakyat mewakili pemerintah dan komunitas batik Indonesia pada 4 September 2008.

Pengajuan itu pun membuahkan hasil bagi pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pada 9 Januari 2009, pengajuan batik untuk Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi UNESCO diterima secara resmi.

Batik dikukuhkan pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Nonbendawi yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009. Pada sidang tersebut batik resmi terdaftar sebagai Warisan Kemanusiaan Karya Agung Budaya Lisan dan Nonbendawi di UNESCO.

Sebelumnya selain batik, UNESCO juga sudah mengakui keris dan wayang sebagai Warisan Kemanusiaan Karya Agung Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Badan PBB untuk kebudayaan atau United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization, (UNESCO) kemudian menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Pemerintah Indonesia menerbitkan Kepres No 33 Tahun 2009 yang menetapan hari Batik Nasional juga dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batikIndonesia. Sekretaris Jenderal Menteri Dalam Negeri Hadi Prabowo menandatangani Surat Edaran Nomor 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019.

Berdasarkan surat edaran tersebut, Kementerian Dalam Negeri mengimbau seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk menggunakan baju batik setiap tanggal 2 Oktober.

Sengketa Batik

Malaysia pernah mengklaim batik adalah milik mereka. Polemik pun muncul akibat klaim Negeri Jiran terhadap batik ini.

Kemiripan kultur budaya antara Indonesia dan Malaysia menjadi salah satu bibit penyebab perseteruan terkait perebutan hak milik. Garis histori yang sama serta kemiripan bahasa menjadi penyebab lainnya.

Tensi yang terjadi antara Malaysia dan Indonesia sebenarnya bukan sekadar masalah batik, persoalan lainnya seputar budaya, sosial dan politik membuat hubungan keduanya menjadi semakin rumit.

Perdebatan serupa ternyata tak hanya terjadi karena batik saja, setelah itu Indonesia dan Malaysia juga berdebat perihal lagu daerah Rasa Sayange yang digunakan oleh Malaysia dalam iklan promosi pariwisatanya.

(heq)

Share :

Baca Juga

Kendaraan yang melintas tol Cipali, Kawasan Subang, Jawa Barat. Foto/MI

NASIONAL

Target Perbaikan Cipali 20 Hari, Polri Terapkan Contraflow
Ilustrasi -- Petugas Densus 88 Antiteror Mabes Polri melakukan penggeledahan di rumah terduga teroris. Foto/Antara

NASIONAL

Polisi Ungkap Belasan Terduga Teroris JAD Makassar Anggota FPI
Petugas melayani peserta BPJS Kesehatan dengan tanpa tatap muka di Kantor BPJS Kesehatan cabang Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (6/10). Foto/Antara/Hafidz Mubarak A

NASIONAL

Alasan Kejagung Belum Tetapkan Tersangka BPJS Ketenagakerjaan
Gedung DPRD DKI Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

DPRD DKI Lockdown hingga 18 Januari
Abu Bakar Baasyir (tengah). Foto/Antara

NASIONAL

Abu Bakar Ba’asyir Bebas Murni Hari Ini
Simulasi vaksin covid-19 kepada tenaga medis. Foto/MI

NASIONAL

Pemerintah Targetkan Vaksinasi Pedagang di 115 Pasar Jabodetabek
Ilustrasi patroli siber. Foto/Istimewa

NASIONAL

Mayoritas Kasus Hoaks dari Patroli Siber Tak Disidang
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama TNI Angkatan Udara (AU) melakukan rekayasa cuaca (TMC) melalui proses penyemaian awan menggunakan pesawat kemarin, Senin (22/2). Foto/MI

NASIONAL

Cegah Banjir Jabodetabek, TNI AU Bantu Rekayasa Cuaca