Home / NASIONAL

Kamis, 25 Februari 2021 - 15:27 WIB

Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli 2021 Secara Bertahap

Ilustrasi sekolah tatap muka. Foto/Antara

Ilustrasi sekolah tatap muka. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan proses pembelajaran tatap muka di sekolah saat pandemi Covid-19 dibuka mulai semester ini atau Juli 2021.

“Secara bertahap diusahakan di semester ini sudah buka,” kata Direktur Jenderal PAUD dan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud, Jumeri dalam keterangannya, Kamis (25/2).

Namun, Jumeri tak menjelaskan tahap pembukaan sekolah tersebut. Jumeri mengatakan pembelajaran tatap muka ini sekaligus menjadi kampanye protokol kesehatan di sekolah bagi guru maupun siswa.

Menurutnya, Kemendikbud mewajibkan pihak sekolah menyiapkan standar operasional maupun fasilitas untuk menjaga kesehatan lingkungan.

“Masa pembelajaran tatap muka digunakan untuk kampanye menjaga kesehatan bagi guru dan siswa, galakan penyuluhan kepada siswa agar meningkat kesadarannya akan protokol kesehatan,” ujarnya.

Jumeri meminta kepada pihak sekolah yang membuka proses pembelajaran tatap muka menjalin kerja sama dengan fasilitas kesehatan terdekat. Termasuk komunikasi antara pihak sekolah dan wali murid secara intensif.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin sekolah dibuka mulai Juli 2021 menyusul vaksinasi Covid-19 terhadap tenaga pendidik serta guru. Pemerintah menargetkan 5 juta guru disuntik vaksin hingga Juni 2021.

“Tenaga pendidik dan kependidikan, guru, kita berikan prioritas agar nanti di awal semester dua pendidikan tatap muka bisa mulai kita lakukan,” kata Jokowi dalam siaran langsung yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (24/2).

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Sejumlah anggota tim penyidik Bareskrim Polri memperagakan adegan saat rekonstruksi kasus penembakan enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di Karawang, Jawa Barat, Senin (14/12/2020) dini hari. Foto/ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

NASIONAL

1 dari 3 Terlapor Kasus Penembakan Laskar FPI Meninggal
Tri Rismaharini Bersama Eri Cahyadi. Foto/Antara/Moch Asim

NASIONAL

Pilkada 2020: Anak Buah Risma Unggul di Kota Pahlawan
Gempa Mamuju. Foto/Antara

NASIONAL

Total Kerugian Gempa Sulbar Capai Rp829,1 Miliar
Bank DKI mulai cairkan bantuan sosial tunai (BST) Pemprov DKI Jakarta per Selasa (12/1). Foto/Istimewa

NASIONAL

Penerima Dana BST di DKI Bisa Diwakilkan
Operasi zebra 2020. Foto/Ist

NASIONAL

Belasan Pelanggar Terjaring Operasi Zebra di Kota Bekasi
KPK menilai kisruh bansos terjadi karena kurangnya koordinasi dan lalainya pemda. Foto/Antara

NASIONAL

Tersangka Korupsi Bansos Harus Dihukum Seberat-beratnya
Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

NASIONAL

Syarat Warga Bisa Dapat Rp600 Ribu Per Bulan dari Dana Desa
Kantor Waskita Karya. Foto/Ist

NASIONAL

Kementerian BUMN Harus Bersihkan Dugaan Proyek Fiktif Waskita