Home / NASIONAL

Jumat, 26 Februari 2021 - 15:32 WIB

Sekolah Tatap Muka Harus Izin Orang Tua

Murid mengikuti simulasi pembelajarantatap muka di SDN Karang Raharja 02, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (15/12). Foto/Antara

Murid mengikuti simulasi pembelajarantatap muka di SDN Karang Raharja 02, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (15/12). Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengingatkan setiap Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka di sekolah selama pandemi virus corona ini harus dilakukan atas seizin dan disetujui orang tua murid.

Tak hanya itu, Wiku menekankan, belajar tatap muka juga wajib disetujui pemerintah daerah, pihak sekolah dan, siswa.

“Baik pemerintah daerah, penyelenggara kegiatan belajar mengajar, orang tua murid dan bahkan siswa harus sepakat terlebih dahulu untuk memulai KBM tatap muka,” kata Wiku dalam keterangannya, Jumat (26/2).

Wiku turut mengingatkan, sekolah yang hendak menggelar belajar tatap muka wajib menyiapkan sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan sehingga aktivitas tak berpotensi menularkan virus corona.

Kesiapan tersebut meliputi perlengkapan penunjang protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti masker, handsanitizer, tempat cuci tangan, serta akses menuju sekolah agar tidak mengakibatkan kerumunan.

“Kesiapan sarana dan prasarana serta simulasi dalam menjalani kegiatan di masa pandemi harus tersedia dan dimanfaatkan dengan baik,” terang Wiku.

Diketahui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memastikan KBM tatap muka saat pandemi Covid-19 akan dimulai pada semester ini atau Juli 2021.

Namun Kemendikbud belum memberikan penjelasan mengenai tahapan pembukaan sekolah tersebut. Direktur Jenderal PAUD dan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud, Jumeri hanya mengatakan KBM tatap muka ini sekaligus menjadi kampanye penerapan protokol kesehatan di sekolah.

“Masa pembelajaran tatap muka digunakan untuk kampanye menjaga kesehatan bagi guru dan siswa, galakan penyuluhan kepada siswa agar meningkat kesadarannya akan protokol kesehatan,” ujar dia lagi.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo juga Harapan itu dia sampaikan seiring pemberian vaksinasi Covid-19 ke para tenaga pendidik serta guru.

“Tenaga pendidik dan kependidikan, guru, kita berikan prioritas agar nanti di awal semester ke-2 pendidikan tatap muka bisa kita mulai lakukan,” kata Jokowi melalui siaran langsung yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (24/2) lalu.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi uang Rupiah. Foto/Ist

NASIONAL

Mensos Risma Lanjutkan Bansos BNPT dan BST pada 2021
Ilustrasi aksi demonstrasi mahasiswa di Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

Hari Ini, Buruh dan Mahasiswa Unjuk Rasa di Depan Istana Tolak Omnibus Law

NASIONAL

Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi, Pemerintah Dorong Lima Sektor Prioritas
Ilustrasi - Seorang relawan mencoba pelindung wajah (Face Shield) disela-sela pembuatan alat tersebut, di Jakarta, Senin (6/4). Foto/ANTARA

NASIONAL

Jumlah Relawan Bakal Bertambah Alasan Insentif Nakes Dipangkas
Kepala BNPT Komjen, Boy Rafli Amar. Foto/MI

NASIONAL

85 Persen Generasi Milenial Rentan Terpapar Paham Radikal
Kantor Kemenkes. Ist

NASIONAL

Kemenkes Jangan Jadi Contoh Buruk Penerapan Protokol Kesehatan
Kebakaran Pasar Cempaka Putih. Foto/Detik

NASIONAL

Pedagang Pasar Cempaka Putih Bakal Dapat Keringanan Pinjaman
Foto/Kemenparekraf

NASIONAL

Pentingnya Media dalam Bangun Persepsi Publik di Era Pandemi