Home / KESEHATAN / KULINER

Rabu, 7 Oktober 2020 - 12:26 WIB

Selain untuk Diet, Beras Merah Punya Segudang Manfaat Ini

Beras merah. Ist

Beras merah. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Beras merah dikenal memiliki manfaat bagi para pelaku diet karena kandungan nutrisinya yang lebih sehat dibanding nasi putih. Selain untuk diet, beras merah ternyata memiliki manfaat lain yang juga baik untuk kesehatan.

Dikutip dari Alodokter, beras merah merupakan biji-bijian utuh yang hanya mengalami proses pengupasan kulit atau sekam. Beras merah dinilai lebih unggul dari beras putih karena proses pengolahannya lebih singkat, sehingga kandungan nutrisinya tidak banyak terbuang.

Salah satu nutrisi yang banyak terkandung di dalam beras meras adalah serat. Nutrisi ini berperan penting dalam proses penurunan berat badan. Tak hanya itu, dalam seporsi beras merah (sekitar 200 gram) juga terkandung sekitar 230­250 kalori dan beragam nutrisi.

Berkat kandungan gizi yang cukup beragam, ada beberapa manfaat beras merah bagi kesehatan yang bisa diperoleh, di antaranya.

1. Mengontrol berat badan

BACA JUGA:  Waspada, Efek Buruk Duduk Terlalu Lama

Beras merah mengandung serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang lebih tinggi daripada beras putih. Oleh karena itu, Anda bisa merasa kenyang lebih lama jika mengonsumsi beras merah.

Tak hanya itu, beberapa riset pun menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi beras merah secara rutin akan memiliki berat badan yang lebih terkontrol. Efek ini menjadikan beras merah baik dikonsumsi untuk mencegah obesitas.

2. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler

Selain mengandung serat yang tinggi, beras merah juga mengandung antioksidan, kalium, magnesium, dan zat lignan.

Kandungan beras merah tersebut terbukti dapat mencegah penumpukan kolesterol atau lemak jahat dalam darah, mengontrol tekanan darah, dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah (aterosklerosis).

Efek tersebut membuat beras merah baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

3. Mengontrol kadar gula darah

Beras putih tergolong sebagai makanan dengan indeks glikemik tinggi. Ini artinya, konsumsi nasi putih bisa cepat meningkatkan kadar gula darah.

BACA JUGA:  Tips Mudah Jaga Kesehatan Mental Kala Pandemi

Gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol lama-kelamaan bisa menyebabkan terjadinya resistensi insulin sehingga memicu diabetes.

Sebagai gantinya, bisa mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik lebih rendah, misalnya beras merah. Dengan indeks glikemik yang rendah, beras merah dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

4. Melancarkan pencernaan

Beras merah mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang tinggi. Kandungan tersebut dapat menjaga bakteri baik di usus serta melancarkan pencernaan.

Beras merah bahkan baik dikonsumsi untuk untuk mencegah atau mengatasi sembelit.

5. Mengurangi risiko kanker

Beras merah mengandung banyak antioksidan, seperti asam fenolat dan flavonoid. Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Hal ini menjadikan beras merah bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kanker, misalnya kanker usus besar.

(heq/alo)

Share :

Baca Juga

Minuman kunyit dan madu. Foto/Istimewa

KESEHATAN

9 Manfaat Kunyit dan Madu untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi kopi krimer. Foto/Ist

KESEHATAN

5 Jenis Makanan Ini Akibatkan Serangan Jantung
Ilustrasi minum cokelat. Foto/Freepik

KESEHATAN

Minum Cokelat Bisa Tingkatkan Fungsi Otak
Ilustrasi orang berkacamata. Foto/Ist

KESEHATAN

Riset: Orang Berkacamata Berisiko Lebih Rendah Tertular Covid
Ilustrasi memangku lapotp. Ist

KESEHATAN

5 Kebiasaan Gaya Hidup Milenial yang Harus Dihindari
Mie instan, boleh dikatakan merupakan jenis makanan yang kerap dipilih dan menjadi favorit banyak orang. Foto/Istimewa

KULINER

Meski Enak, Ini Bahaya Mie Instan Jika Sering Dikonsumsi
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Foto/Freepik

KESEHATAN

Aturan Baru: Lansia hingga Ibu Menyusui Boleh Vaksin Covid
Vaksin Covid-19. Foto/Ist

KESEHATAN

9,1 Juta Vaksin Covid Tersedia hingga Akhir Tahun