Home / NASIONAL

Rabu, 9 September 2020 - 11:38 WIB

Selamat Hari Jadi ke-72 Polwan RI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Aura laki-laki dan wanita memang berbeda. Tidak bisa dipungkiri wanita lebih identik dengan karakternya yang lemah lembut. Maka itu, hadirnya polisi wanita atau polwan di dalam tubuh Kepolisian RI (Polri), sebuah institusi penegak hukum yang kental akan karakter tegas, memberikan sebuah kesan yang berbeda.

Berbeda di sini tentu dalam konteks positif. Bisa jadi, polwan merupakan titik balik karakter Polri. Kehadiran wanita di jajaran Polri membuat lembaga yang saat ini dipimpin Kapolri Jenderal Idham Azis itu berkarakter lebih humanis, melayani, dan bersahabat kepada publik.

Meski polwan dididik melalui proses yang sama dengan polisi laki-laki, namun fakta di lapangan berbicara bahwa citra diri polwan lebih dapat diterima publik. Tegas dan di saat yang bersamaan juga ramah dan bersahabat. Karakter welas asih inilah yang menjadi nilai lebih dari seorang polwan.

Pada 1 September 2020 kemarin, polwan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72. Polwan di Indonesia lahir pada 1 September 1948 di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat. Berdasarkan data Polri, saat ini jumlah polwan di Indonesia tercatat ada 24.506 personel yang terdiri dari tiga perwira tinggi, 1.567 perwira menengah, 355 perwira pertama, dan 19.581 bintara.

Dalam amanatnya yang dibacakan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono pada acara peringatan HUT ke-72 Polwan RI di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (1/9), Kapolri Jenderal Idham Azis mengungkapkan sejumlah jabatan strategis, baik di Mabes Polri, Polda, Polres, maupun Polsek saat ini telah banyak diisi oleh para polwan.

Dengan demikian, hal tersebut menegaskan bahwa antara polwan dan polisi laki-laki sudah setara dalam meraih kesempatan untuk menduduki jabatan strategis di Polri dengan mengacu pada penilaian kinerja dan kompetensi.

“Di lingkungan institusi Polri, saya tegaskan bahwa posisi polwan setara dengan polisi laki-laki. Semuanya punya kesempatan yang sama untuk menduduki jabatan-jabatan strategis tertentu dengan tetap mengacu pada penilaian kerja dan kompetensi yang berlaku,” katanya.

Ucapan Kapolri itu tidak hanya manis di bibir saja. Hingga Mei 2020, setidaknya sudah ada 18 polwan berpangkat perwira menengah yang mendapat promosi jabatan strategis di Korps Bhayangkara sesuai surat mutasi jabatan yang dikeluarkan Kapolri pada 1 Mei 2020.

Mereka adalah Kombes Dien Irhastini (Asesor Bagian Kompetensi SSDM Polri), Kombes Nurmeiningsih (Kepala Sepolwan), AKBP Meity Wongkar (Kepala SPN Polda Sulawesi Utara), AKBP Marlen Tawas (Kabid Propam Polda Sulawesi Utara), dan AKBP Yuliani (Kabag Legaldrafter Divisi Hukum Polri).

Kemudian Kombes Maya Purnama (Kabid Verifikasi Pusat Keuangan Polri), AKBP Melda Yanny (Kapolres Banjar Polda Jawa Barat), Kombes Ketut Swastika (Kabid Propam Polda Jawa Barat), AKBP Rita Wulandari (Kapolres Tegal Polda Jawa Tengah), AKBP Rondyah (Wadir Binmas Polda Jawa Tengah), dan AKBP Sumarni (Kapolres Sukabumi Kota Polda Jawa Barat).

Lalu AKBP Restra (Kabid Propam Polda Gorontalo), Kombes Dessy (Kabag Jardiklat SSDM Polri), AKBP Wiji (Auditor Tingkat III Itwasda Polda Jawa Timur), AKBP Susmelawati (Psikolog Madya SSDM Polri), AKBP Dwi Safitri (Auditor Madya Tingkat III Itwasda Polda Jawa Timur), AKBP Fidian Suprihati (Advokat Utama Divkum Polri), dan AKBP Olga (Widyaiswara Sespim Polri).

Jauh sebelum ini, tepatnya pada Februari 2020, Kapolri sendiri sempat menyatakan bahwa tidak menutup kemungkinan dirinya akan mengangkat polwan menjadi seorang Kapolda.

Kalau hal itu nantinya terwujud, maka polwan tersebut akan mengikuti jejak Kombes Rumiah Kartoredjo yang tercatat sebagai Kapolda wanita pertama di Indonesia. Dirinya dilantik menjadi Kapolda Banten pada 23 Januari 2008 oleh Kapolri saat itu, Jenderal Sutanto.

Dalam puncak peringatan HUT ke-72 Polwan RI, Kapolri juga memberikan penghargaan kepada 24 polwan berprestasi, di antaranya untuk kategori polwan berprestasi dalam negeri, tim pemulasaran jenazah wanita Covid-19, dan polwan berprestasi di luar negeri.

Berikut adalah nama-nama polwan yang menerima pin emas Kapolri, yakni Kasubbag Infofaskon Baginfolog Rojianstra Slog Polri AKBP Dwi Murniatin Utami, Kapolres Tegal Kota Polda Jawa Tengah AKBP Rita Wulandari Wibowo, Kapolres Sukabumi Kota Polda Jawa Barat AKBP Sumarni, dan Penyidik PPA Satreskrim Polres Jayapura Polda Papua Bripka Silvia Selviana Sokoy.

Kemudian Bhabinkamtibmas Polsek Cibereum Polres Sukabumi Kota Polda Jawa Barat Bripka Farida Nursanti Anggraeni, Ba Satreskrim Polres Kaimana Polda Papua Barat Brigpol Agustina Yuliana Done, Bhabinkamtibmas Polsek Katobu Polres Muna Polda Sulawesi Tenggara Briptu Titin Sri Lestari, dan Baminlak Bagmutjab Robinkar SSDM Polri Briptu Inry Rohany Sumajo.

Sementara para polwan yang menerima pin perak Kapolri adalah Bripka Rina Amran Marala, Bripda Debi Angel Kristiani br.Tarigan, dan Bripda Khala Indriani Sukarman. Ketiganya merupakan petugas pemulasaraan dan pemakaman jenazah wanita korban Covid-19.

Selanjutnya dari Polda Sumatra Barat ada Bhabinkamtibmas Polsek Padang Utara Polresta Padang Aiptu Yanti Delfina, Bhabinkamtibmas Polsek Lubuk Kilangan Polresta Padang Bripka Firma Deri, Bhabinkambtimas Polsek Koto VII Polres Sijunjung Briptu Ilda Hayati, dan Bhabinkamtibmas Polsek Koto VII Polres Sijunjung Briptu Tari Likista.

Sedangkan sembilan polwan berprestasi di luar negeri yang mendapat pin emas Kapolri, yakni Anjak Utama Lemdiklat Polri Brigjen Ida Oetari, Penerjemah Utama Divhubinter Polri Kombes Yuli Cahyanti, Kaurtu Biromisinter Divhubinter Polri AKP Anggraini Putri, dan Kaurmin Bagkembangtas Romisinter Divhubinter Polri AKP Devi Arianti.

Lalu Kanit 3 Subdit 4 Ditintelkam Polda DIY AKP Leo Nisya Sagita, Paur 1 Subdikes Bidokkes Polda Sumbar Iptu Ria, Pama Biro SDM Polda Jatim Iptu Trifonia Situmorang, Ps. Paurkes Subbagpers Bagsumda Polres Solok Polda Sumatra Barat Bripka Dewi Suryani, dan Ba Biro SDM Polda Sulawesi Tengah Brigpol Mashita Cherani Asaat Said Ali.

Lebih lanjut Kapolri meminta para polwan untuk bekerja lebih baik lagi dan menunjukkan prestasi mereka, serta terus berkarya dan menjalankan peran sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

“Selaku pimpinan Polri, saya mengucapkan Selamat Hari Jadi Ke-72 kepada seluruh polisi wanita RI di mana pun bertugas. Teriring doa, semoga Polwan RI dapat terus berkarya dan menunjukkan eksistensinya sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat,” tandasnya. (rls/pol)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi tindakan penilangan. (Foto: Ist)

NASIONAL

Mulai 23 Juli, Polisi Gelar Operasi Patuh Jaya Selama 14 Hari
Kasus positif virus corona di Indonesia. Foto/MI/Andri Widyanto

NASIONAL

Update Corona 16 Februari: Tambah 10.029, Positif 1.233.959
Anggota Komisi VI DPR RI Evita Nursanty. Ist

NASIONAL

Indonesia Harus Siap Hadapi Ancaman Ketahanan Energi
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. Foto/MI

NASIONAL

Ridwan Kamil Penuhi Panggilan Polda Jabar Besok
pembagian hasil panen(kicaunews)

NASIONAL

Kapolres Subang Polda Jabar Pimpin Pembagian Panen Budidaya Jagung, Terong, Dan Cabe
Ilustrasi tol macet. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Rizieq Shihab Pulang, Tol Bandara Soetta Lumpuh Total
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/MI

NASIONAL

Komjen Listyo Jalani Uji Kelayakan Calon Kapolri Hari Ini
Petugas melayani peserta BPJS Kesehatan dengan tanpa tatap muka di Kantor BPJS Kesehatan cabang Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (6/10). Foto/Antara/Hafidz Mubarak A

NASIONAL

Alasan Kejagung Belum Tetapkan Tersangka BPJS Ketenagakerjaan