Home / PARIWISATA

Jumat, 5 Maret 2021 - 18:38 WIB

Selamatkan Pariwisata, Sandiaga Uno Pakai Resep 3G

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. Foto/Antara

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut ia mempunyai resep 3G sebagai cara ampuh untuk mengatasi pandemi corona, yakni gerak cepat (gercep), gerak bersama (geber), dan gaspol atau menggarap semua potensi yang ada.

“Gercep karena kami tidak punya banyak waktu, geber gerak bersama, ga bisa gerak sendiri-sendiri, dan g terakhir gaspol adalah menggarap semua potensi agar bisa bertahan dan membangkitkan ekonomi,” katanya pada diskusi Forum Wartawan Daerah pada Kamis (4/3).

Menurut Sandiaga, 3G adalah pelengkap dari disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dan 3T (testing, tracing dan treatment). Sandi mengungkap disiplin protokol kesehatan penting, tapi tidak cukup itu saja. Sandi menyebut pemulihan harus dibantu dorongan 3G.

Dalam kesempatan sama, dia juga mengaku prihatin dengan potret pariwisata saat ini. Akibat pandemi, selama 2020 terjadi pertumbuhan kontraksi sebesar 2,49 persen.

Juga terjadi penyusutan jumlah tenaga kerja pariwisata dari 19,24 juta pada 2019 menjadi 18,76 juta atau turun 2,5 persen.

“Potret (pariwisata) kita sekarang nih, sedih deh. Potret pariwisata lagi betul-betul prihatin, guys. Forwada mudah-mudahan bisa ikut berdoa,” tutupnya.

(cnn/par)

Share :

Baca Juga

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak generasi milenial untuk menjadi pionir dalam penerapan pariwisata berkelanjutan yang lebih berkualitas. Foto/Kemenparekraf

PARIWISATA

Sandiaga Dorong Milenial Jadi Pionir Pariwisata Berkelanjutan
Sandiaga Uno. Foto/Antara

PARIWISATA

Pindah ke Bali, Sandiaga Bawa 3 Program Pulihkan Pariwisata
Foto udara pembangunan Sirkuit Mandalika di NTB. Foto/MI

EKONOMI

Sandiaga Bakal Gelar Mini Triatlon di Mandalika
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Foto/Antara

EKONOMI

Garuda Buka Rute Baru, Harga Tiket Mulai Rp500 Ribu
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio. Foto/Ist

EKONOMI

Menparekraf: Industri Hotel dan Restoran Manfaatkan Dana Hibah
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7). Foto/AntaraMenko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7). Foto/Antara

EKONOMI

Pemerintah Akan Beri Insentif untuk Sektor Pariwisata
Agrowisata Tanjung Sakti. Foto/Ist

PARIWISATA

Agrowisata Baru di Sumsel Tawarkan Keindahan Air Terjun
Pantai Losari, Makassar. Foto/Ist

EKONOMI

DPRD Makassar Usul Anggaran Pemulihan Pariwisata Rp25 M