Home / NASIONAL

Kamis, 7 Januari 2021 - 10:46 WIB

Sepanjang 2020, Ada 135 Ribu KK Jadi Korban Konflik Agraria

Demo konflik agraria. Foto/Antara

Demo konflik agraria. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Dewi Kartika menyebut sepanjang 2020 menerima 241 laporan terkait konflik agraria dari 359 desa dan kota yang tersebar di sejumlah wilayah Indonesia.

“Korban terdampak sebanyak 135.332 kepala keluarga,” kata Dewi saat menyampaikan paparan dalam Catatan Akhir Tahun KPA yang digelar secara daring, Rabu (6/1).

Dari angka tersebut kata Dewi konflik paling tinggi terjadi di sektor perkebunan dengan total 122 kasus. Hal ini mengalami kenaikan sebanyak 28 persen dari konflik perkebunan berkaitan dengan lahan pada 2019 lalu yang hanya mencapai angka 87 konflik.

Dewi mengatakan di tengah pandemi covid-19 yang juga berimbas kepada perekonomian masyarakat, konflik seharusnya mengalami penurunan. Apalagi masyarakat juga dihadapkan dengan persoalan kesehatan yang lebih berat, yakni menghindari terpapar wabah.

Dewi bahkan menyebut terjadi anomali dalam persoalan konflik agraria sepanjang 2020. Menurut dia ada keanehan yang terjadi lantaran konflik justru surplus saat ekonomi terjun dan masuk ke liang resesi.

“Logikanya, harusnya konflik ikut menurun drastis,” kata dia.

“Sebab rencana investasi dan ekspansi bisnis berskala besar harusnya menahan diri, lakukan efisiensi bisnis, modal berkurang signifikan, atau bahkan mengalami kolaps,” imbuhnya.

Namun yang terjadi justru sebaliknya. Di tengah minusnya perekonomian nasional serta penerapan PSBB justru perampasan tanah berskala besar tidak menurun.

Hal ini kata Dewi secara nyata telah memperlihatkan bahwa pebisnis dan bahkan negara tak bisa mengendalikan diri. Malah menjadikan krisis dan pembatasan gerak rakyat sebagai peluang untuk menggusur masyarakat dari tanahnya.

“Aksi-aksi perusahaan-perusahaan tersebut di tengah resesi ekonomi ini memperlihatkan bagaimana para pelaku bisnis atau badan usaha raksasa di sektor ini menggunakan momentum krisis untuk melakukan akumulasi kekayaannya dengan mengukuhkan klaim dan memperluas penguasaan tanahnya,” kata dia.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi PSBB total Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

Sepekan PSBB DKI Tahap Kedua, Covid Naik 6.960 Kasus
Menteri Kesehatan Terawan. Foto/Ist

NASIONAL

Menkes: Pemerintah Pastikan Layanan dan Sistem Kesehatan Tetap Berjalan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

NASIONAL

Anies Ungkap Banjir Jakarta Surut 100 Persen
Pupuk organik. Ist

NASIONAL

Pemerintah Diminta Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik
Rapat paripurna DPR RI. Foto/Ist

NASIONAL

DPR Serahkan Draf Omnibus Law Ciptaker ke Presiden Jokowi Hari Ini
Personel polisi. Foto/Jatengpos

NASIONAL

Polri Terjunkan 13.500 Personel Jadi Vaksinator Covid
Ketua Umum FPI Habib Muhammad Rizieq Shihab. Foto/MI

NASIONAL

Jika Mangkir Lagi, Polisi Jemput Paksa Rizieq Shihab
Ilustrasi rekaman suara. Foto/Ist

NASIONAL

Terungkap, Rekaman Pendukung Rizieq Menyerang Polisi