Home / GLOBAL

Jumat, 10 Juli 2020 - 15:34 WIB

Setelah Dilaporkan Hilang, Walikota Seoul Ditemukan Meninggal Dunia

Walikota Seoul Park Won Soon. (Foto: Newzandar News)

Walikota Seoul Park Won Soon. (Foto: Newzandar News)

Walikota Seoul Park Won Soon. (Foto: Newzandar News)

Walikota Seoul Park Won Soon. (Foto: Newzandar News)

SEOUL, BERITANUSA.id – Wali kota Seoul Park Won-soon, ditemukan dalam kondisi meninggal tepat setelah tengah malam Jumat (10/7) waktu setempat. Jasadnya ditemukan beberapa jam setelah putrinya melaporkan bahwa dia menghilang dan meninggalkan sebuah wasiat.

Pihak Kepolisian setemat mengatakan mereka menemukan mayat Park Won Soon di dekat sebuah restoran tradisional di perbukitan hutan di Seoul utara, lebih dari tujuh jam setelah mereka melakukan pencarian besar-besaran untuknya.

“Tidak ada tanda-tanda pembunuhan dan tidak ada catatan bunuh diri ditemukan di tempat kejadian perkara atau di kediaman Park,” ujar Choi Ik Su, seorang petugas dari Badan Kepolisian Metropolitan Seoul, kepada wartawan.

Dia menolak untuk menguraikan penyebab kematian Park. Dikutip AP News, Choi mengatakan anjing penyelamat menemukan mayat Park, dan polisi telah menemukan tas, ponsel, dan kartu namanya.

Menurut keterangan putrinya yang dilansir Reuters, Park meninggalkan rumah setelah mengatakan pesan wasiat atau kata-kata terakhir. Sayangnya, putri Park tidak mengatakan kepada media seperti apa rincian pesan yang ditinggalkan mendiang ayahnya, menurut Badan Kepolisian Metropolitan Seoul.

Pejabat pemerintah Kim Ji-hyeong mengatakan bahwa Park tidak bekerja pada Kamis kemarin karena alasan yang tidak jelas dan membatalkan semua rapat pada hari itu.

Mengenai penyebab kematian Park sendiri, banyak orang telah meningkatkan dugaan bahwa Park menghilang hingga tak bernyawa, karena terkait dengan dugaan kasus pelecehan seksual yang sedang menghadangnya.

Ini bermula saat seorang mantan sekretaris yang bekerja di kantornya diyakini baru-baru ini mengajukan tuntutan pidana terhadap Park dan menghadiri pemeriksaan polisi hari Rabu.

Namun demikian, polisi menolak untuk mengkonfirmasi informasi apa pun mengenai kasus tersebut, termasuk apakah pengaduan telah diajukan.

Sementara itu, Park Won-soon merupakan seorang pengacara hak asasi manusia yang terpilih sebagai Walikota Seoul dalam pemilihan sela 2011 lalu. Kemudian, dia terpilih kembali pada tahun 2014 dan 2018 sebagai kandidat untuk Partai Demokrat yang berkuasa, menjadi walikota terlama di kota itu.

Lebih ironisnya lagi, dia telah dianggap sebagai calon presiden potensial untuk partainya dalam pemilihan 2022 mendatang. (dbs)

Share :

Baca Juga

Brasil kembali pecah rekor kematian akibat virus corona untuk dua hari berturut-turut pada Rabu (3/3), dengan 1.910 korban jiwa. Foto/EPA

GLOBAL

Brasil Pecah Rekor Lagi Kematian Corona Tembus 1.900
Ilustrasi perdagangan Indonesia. Foto/Ist

EKONOMI

RI Optimis Bisa Tingkatkan Perdagangan dengan AS
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto/Ist

GLOBAL

RI Desak ASEAN Bertindak Soal Kudeta Myamnmar
Kapal perang di Laut Mediterania. Foto/Ist

GLOBAL

Pertikaian Yunani dan Turki Bisa Picu Perang
Ilustrasi Warga Singapura berolahraga dengan tetap menggunakan masker. Foto/AFP

GLOBAL

Singapura Larang Pelancong RI dan India Masuk
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto/Ist

GLOBAL

Menlu Tekankan Dukungan Indonesia bagi Palestina
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto/Ist

GLOBAL

Desakan Erdogan Agar Armenia Segera Tarik Pasukan
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin menyampaikan pernyataan pers bersama di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 5 Februari 2021. Foto/BPMI Setpres

GLOBAL

3 Isu yang Dibahas RI-Malaysia