Home / NASIONAL

Senin, 11 Januari 2021 - 10:04 WIB

Sinyal Black Box SJ 182 Terdeteksi 23 Meter di Bawah Laut

Ilustrasi--Salah satu kotak hitam (black box) pesawat  Lion Air JT-610 PK-LQP yang diyakini flight data recorder (FDR) telah ditemukan oleh Tim Gabungan Basarnas, Kamis (1/10) pagi. Foto/MI

Ilustrasi--Salah satu kotak hitam (black box) pesawat Lion Air JT-610 PK-LQP yang diyakini flight data recorder (FDR) telah ditemukan oleh Tim Gabungan Basarnas, Kamis (1/10) pagi. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Tim SAR gabungan dilaporkan telah menemukan sinyal dari kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 pada hari kedua pencarian di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (10/1).

Tak hanya itu, Tim SAR gabungan juga telah mengidentifikasi lokasi jatuhnya pesawat. Terhitung dalam dua hari pencarian, tim terus berupaya mengumpulkan berbagai puing-puing yang diduga milik pesawat Boeing 737-524 itu.

“TNI Polri terus berupaya untuk mendapatkan black box yang posisinya juga diduga kuat adalah posisi black box yang kita cari. Terbukti dua sinyal yang dikeluarkan oleh black box bisa dipantau dan kita beri marking,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Jakarta, Minggu (10/1).

Hadi menyebut Tim SAR juga bakal dibantu oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang telah mengerahkan tiga alat pencari (pinker finder) untuk menemukan black box itu.

Selain itu, Jenderal bintang empat itu juga menyampaikan posisi pesawat Sriwijaya SJ 182 saat ini ada di kedalaman 23 meter di bawah permukaan laut. Oleh sebab itu, tim hingga kini masih terus berupaya dan bersiap melakukan upaya pengangkatan badan pesawat.

Hadi menyampaikan para penyelam hanya akan mengambil potongan pesawat yang kecil. Di saat yang sama, tim menyiapkan kapal yang dilengkapi penderek (crane) untuk mengangkat badan pesawat.

“Bagian-bagian yang besar akan kita datangkan kapal yang memiliki kemampuan crane untuk mengangkat bagian-bagian tersebut,” tutur Hadi.

Sementara itu, Direktur Operasi Basarnas Brigjen Rasman menegaskan pencarian ini dilakukan selama 24 jam. Kendati demikian, pencarian dilakukan secara terbatas. Sebab tak semua kapal memiliki peralatan bawah laut seperti Mutibeam Echosounder dan Remotely Operated Vehicle (ROV).

Per Minggu (10/11) kemarin, Rasman menjelaskan jumlah personel yang terlibat seluruhnya terdata 2.571 orang. Sedangkan peralatan yang dikerahkan terdata 81 unit kapal, 12 helikopter, dan 32 peralatan darat.

Dalam peristiwa ini, insiden Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang dinyatakan jatuh itu terjadi saat pesawat terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng menuju Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (9/1).

Berdasarkan rilis dari Kementerian Perhubungan, Sriwijaya Air SJ182 mengangkut total 62 orang yang terdiri atas 50 penumpang dan 12 kru. Sebanyak 40 orang dari total penumpang merupakan penumpang dewasa, tujuh di antaranya anak-anak, dan tiga bayi.

Selama pencarian hari kedua pun, Tim gabungan dari TNI, Polri, Basarnas dan sejumlah instansi pemerintah sedang melakukan pencarian di sekitar perairan Kepulauan Seribu. Tim SAR gabungan baru menemukan serpihan-serpihan yang diduga bagian dari Sriwijaya SJ 182 dan potongan pakaian.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta. Foto/MI

NASIONAL

Kapolda Jatim Gencarkan Patroli Siber Jelang Pilkada 2020
Presiden RI Joko Widodo. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Presiden Jokowi: Semoga Santri Bisa Jaga NKRI
Vaksin sionvac dinilai Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM) terbuat dari bahan yang aman untuk manusia. Foto/Antara

NASIONAL

BPOM Pastikan Vaksin Sinovac Aman
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto/DPR RI

NASIONAL

Soal RUU Ciptaker, DPR Akan Utamakan Kepentingan Nasional
Sejumlah warga Jakarta mengantre untuk perpanjangan STN. Foto/MI

NASIONAL

Mulai 21 Mei, Pengesahan STNK Via Online
Budi Gunadi Sadikin. Foto/BNPB

NASIONAL

Program Vaksinasi Drive-Thru Diluncurkan di Bali
Perajin tempe. Foto/Antara

EKONOMI

Belum Ada Indikasi Penimbunan Kedelai
Presiden Joko Widodo. Foto/Antara

NASIONAL

Vaksin Gratis untuk Semua Warga, Bukan Hanya BPJS