Home / UMKM

Selasa, 29 Desember 2020 - 16:39 WIB

Startup Bisa Jadi Akselerator Majunya UMKM

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki. Foto/Ist

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki. Foto/Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan keberadaan startup dapat menjadi katalis dan akselerator majunya UMKM Indonesia. Selain itu, startup juga dapat menjadi enabler dan agregator bagi pelaku UMKM, sehingga menjadi jembatan bagi UMKM untuk naik kelas.

Teten bilang sesuai dengan RPJMN 2020-2024 dan Rencana Strategis Kementerian Koperasi dan UKM, pihaknya akan terus berkomitmen untuk melahirkan wirausaha baru.

“Termasuk melahirkan startup-startup baru, yang unggul, inovatif, dan berdaya saing,” ucap dia dalam keterangan resmi yang dikutip Selasa (29/12).

Komitmen tersebut, kata Teten, akan dilakukan melalui peningkatan iklim kewirausahaan, pengembangan inkubator wirausaha, dan peningkatan akses pembiayaan bagi wirausaha.

Dari segi reformasi aturan dan regulasi, penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang KUMKM juga akan memfasilitasi berbagai kemudahan.

“Salah satu kemudahan yang diberikan untuk UMKM maupun startup adalah dalam hal mendapatkan inkubasi dari lembaga inkubator, baik inkubator pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi, maupun dunia usaha,” jelas Teten.

Menurut Teten, lembaga inkubasi memiliki peran strategis dalam penciptaan dan pengembangan usaha. Khususnya, bagi usaha-usaha yang berbasis teknologi, berwawasan lingkungan, berorientasi ekspor, maupun berbasis industri kreatif.

“Upaya tersebut akan dilakukan pemerintah dalam rangka memanfaatkan momentum yang tepat, di tengah gaung Revolusi Industri 4.0 yang menjadikan digitalisasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan,” ucapnya.

Teten juga membuka pintu seluas-luasnya untuk menerima masukan maupun sumbangsih ide dan inisiatif kerja sama lainnya, untuk memperkokoh sinergi antara pemerintah dan pelaku startup.

(heq)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi subsidi gaji. Foto/Ist

EKONOMI

Pemerintah Akan Tarik Lagi BLT UMKM Bila Tak Segera Diambil
Galeri UMKM di bandara. Foto/Dok Angkasa Pura

UMKM

Kemenkop UKM Sensus UMKM Mulai Tahun Depan
Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi melakukan monitoring dan evaluasi program Banpres Produktif Usaha Mikro di provinsi Kalimantan Timur sekaligus meninjau pelaku usaha mikro yang mendapatkan Program Banpres Produktif. Samarinda, Selasa (17/11). Foto/Kemenkop UKM

EKONOMI

Banpres UMKM Harus Tepat Sasaran dan Pemanfaatan
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat bersama Menteri Sosial Juliari P Batubara mengunjungi perajin Comring (Comro Singkong Kering) merek Raja Rasa di Desa Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (24/11). Foto/Kemenkop UKM

NASIONAL

Menkop Sebut Penerima Bansos Naik Kelas Jadi Usaha Mikro
Menkop UKM Teten Masduki. Foto/Kemenkop UKM

UMKM

Kemenkop UKM Akan Perkuat Digitalisasi 40.000 UMKM
Kementerian Koperasi dan UKM mengembangkan konsep voluntary desk dan mengajak para ahli menjadi mentor untuk membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Foto/dok Kemenkop UKM

UMKM

Kemenkop UKM Dorong Digitalisasi UMKM Lewat Relawan Mentor
Menteri Koperasi dan UKM. Foto: Istimewa

UMKM

Menkopukm Dorong Koperasi Pangan Masuk Dalam Skala Bisnis
Menkop UKM Teten Masduki. Foto/Dok Kemenkop UKM

UMKM

Banpres Dilanjutkan, Prioritas UMKM yang Belum Terima