Home / NASIONAL

Rabu, 27 Januari 2021 - 11:26 WIB

Stasiun Jogja dan Jakarta Mulai Pasang GeNose

Alat GeNose diterapkan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Foto/Antara

Alat GeNose diterapkan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut setidaknya ada dua kota yang akan mengawali penggunaan Gadjah Mada Electric Nose Covid-19 (GeNose C19) di stasiun kereta api (KA). Penerapan tersebut dilakukan mulai 5 Februari 2021.

“Untuk penerapan pengecekan kesehatan melalui GeNose pada moda kereta api yang akan dimulai di dua kota terlebih dahulu, yaitu Jakarta dan Yogyakarta,” ungkap Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, Selasa (26/1).

Lebih lanjut Adita mengatakan, untuk menentukan titik stasiun yang akan menerapkan Genose menjadi kewenangan dari operator kereta api.

Diketahui, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 11 Tahun 2021 tentang perpanjangan pemberlakuan petunjuk pelaksanaan perjalanan orang di masa pandemi.

Dalam surat edaran tersebut, otoritas Perkeretapian menetapkan tiga pilihan pemeriksaan Covid-19 antara lain melalui deteksi GeNose, Tes Antigen maupun PCR.

Sebelumnya, penggunaan alat pendeteksi GeNose bagi penumpang kereta api jarak jauh di wilayah Pulau Jawa telah mendapat persetujan dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Kebijakan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 5 Tahun 2021.

Dengan tambahan pemeriksaan GeNose, kini penumpang kereta api jarak jauh bisa memilih tiga opsi tes sebelum keberangkatan. Pilihan lainnya, pengguna jasa transportasi berbasis rel ini boleh melakukan tes RT-PCR atau rapid test antigen.

“Khusus untuk perjalanan dengan menggunakan kereta api di luar kawasan satu aglomerasi, selain menggunakan RT-PCR dan rapid test antigen atau GeNose test,” demikian bunyi diktum protokol nomor 3 huruf c angka iv seperti dikutip dari SE tersebut.

(kem/hub)

Share :

Baca Juga

Sejumlah anggota tim penyidik Bareskrim Polri memperagakan adegan saat rekonstruksi kasus penembakan enam anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) di Karawang, Jawa Barat, Senin (14/12/2020) dini hari. Foto/ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

NASIONAL

1 dari 3 Terlapor Kasus Penembakan Laskar FPI Meninggal
Simulasi vaksin covid-19 kepada tenaga medis. Foto/MI

NASIONAL

Suntik Vaksin Nakes Kategori Lansia Dimulai Hari Ini
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit. Foto/Polri

NASIONAL

Total Kekayaan Komjen Listyo Sigit Capai Rp8,3 Miliar
Presiden Joko Widodo saat berpidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-11 ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Minggu (15/11). Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Jokowi Resmi Teken Perjanjian RCEP dalam KTT ASEAN
Ilustrasi hiburan malam. Ist

NASIONAL

Hiburan Malam, Hotel dan Pernikahan Jadi Klaster Baru Covid-19 di Jakarta
Menteri Agama Fachrul Razi. Foto/Ist

NASIONAL

Menag Terbitkan Keputusan tentang Pedoman Umrah di Masa Pandemi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto/ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

NASIONAL

Kemenlu Tangani 54 Ribu Kasus Selama 2020
Presiden Joko Widodo saat meninjau fasilitas di RSKI Galang, Kepulauan Riau. Foto/Dok Biro Setpres

NASIONAL

Kapasitas Tempat Tidur Isolasi di DKI Sisa 14 Persen