Home / NASIONAL

Rabu, 23 Desember 2020 - 16:35 WIB

Subsidi Kuota Internet Pelajar Berlanjut hingga 2021

Ilustrasi pelajar menggunakan internet. Ist

Ilustrasi pelajar menggunakan internet. Ist

JAKARTA, BERITANUSA.id – Pemerintah tetap akan memberikan subsidi kuota internet kepada peserta didik pada 2021 mendatang meski ada indikasi pembelajaran secara tatap muka yang mulai berlaku awal tahun depan.

“Pemerintah masih akan memberikan dukungan di sektor pendidikan dan biaya internet bagi murid, siswa, mahasiswa, dan guru,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara Outlook Perekonomian: Meraih Peluang Pemulihan Ekonomi di 2021, Selasa (22/12).

Kendati begitu, Sri Mulyani tidak merinci jumlah anggaran yang disiapkan pemerintah untuk memberikan subsidi kuota internet kepada para pelajar, guru, dan dosen di tahun 2021.

Pemberian subsidi kuota internet ini dalam rangka mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diberlakukan selama pandemi Covid-19.

Bantuan kuota belajar Kemendikbud sudah bisa digunakan. Jumlahnya bervariasi mulai dari 20 GB sampai dengan 50 GB. Tergantung dari jenjang pendidikannya. Namun untuk kuota belajar diberikan sebesar 5GB.

Mengutip laman resmi kuota-belajar.kemdikbud.go.id disebutkan rincian bantuan untuk peserta didik jenjang PAUD sebanyak 20 GB per bulan. Rinciannya 5 GB kuota umum dan 15 GB kuota belajar dengan durasi bantuan selama 4 bulan.

Kemudian bantuan kuota belajar untuk peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah 35 GB per bulan. Rinciannya 5 GB kuota umum dan 30 GB kuota belajar selama 4 bulan.

Lalu bantuan kuota belajar untuk pendidikan jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah 42 GB per bulan. Dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar selama 4 bulan. Selanjutnya bantuan kuota belajar untuk dosen dan mahasiswa 50GB per bulan. Terdiri dari 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar selama 4 bulan.

(heq/dik)

Share :

Baca Juga

Penumpang menunggu bus TransJakarta di Halte TransJakarta Pasar Baru Timur, Jakarta, Selasa (10/9). Foto/MI/Bary Fathahillah

NASIONAL

Demo Kedubes Prancis, Transjakarta Ubah Rute Bus
Ilustrasi dana desa.

NASIONAL

Penyaluran Dana Bergulir Rp1 T akan Dipercepat
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta menggelar rapat Paripurna penetapan Raperda tentang APBD Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2021 menjadi Perda, Senin (7/12). Foto/DPRD DKI

NASIONAL

DPRD dan Pemprov DKI Setujui APBD 2021 Rp84,19 T
Ilustrasi virus corona.

NASIONAL

Update Kasus Corona 19 Agustus: 144.945 Positif, 98.657 Sembuh
Ilustrasi arus mudik libur panjang. Foto/Kompas

NASIONAL

Polri Siap Amakan Arus Mudik Jelang Libur Panjang Akhir Oktober
Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jawa Tengah musnahkan 23 ribu jamu tradisional palsu dengan cara dibakar di Krematorium Kedungmundu, Semarang, Senin (30/11). Foto/Ist

NASIONAL

Polda Jateng Musnahkan 23 Ribu Jamu Palsu
Gunung Merapi mengeluarkan empat kali guguran lava pijar. Foto/Antara

NASIONAL

Merapi Siaga, Jumlah Pengungsi Terus Bertambah
Ilustrasi pengamanan TNI-Polri. Foto: Antara

NASIONAL

8 Ribu Personel TNI-Polri Amankan Natal dan Tahun Baru Jakarta