Home / NASIONAL

Selasa, 16 Februari 2021 - 10:15 WIB

Swasta Tak Bisa Lakukan Vaksinasi Covid Mandiri

Jubir vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi. Foto/Biro Humas Kemenkes

Jubir vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi. Foto/Biro Humas Kemenkes

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan tidak ada vaksinasi mandiri Covid-19 yang bisa dilakukan perusahaan swasta. Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi.

“Di dalam peraturan presiden (perpres) 14/2020 tidak mengatur tentang badan usaha swasta melakukan vaksin mandiri,” ujar Nadia dalam konferensi pers virtual “vaksinasi Covid-19 untuk petugas pelayanan publik dan lansia”, Senin (15/2).

“Perpres ini hanya memperbaiki beberapa pengaturan, misalnya sebuah unit yang ditunjuk tidak lagi harus memiliki sertifikat cara pembuatan obat yang baik (CPOB),” sambungnya.

Dengan begitu, Nadia melanjutkan perpres tidak mengatur perusahaan swasta bisa melakukan vaksinasi mandiri meski itu beralasan gotong royong untuk membantu Kemenkes.

Nadia pun menegaskan, Kemenkes saat ini sangat berhati-hati dan membahas masalah vaksin gotong royong ini dengan meminta sarang berbagai pihak.

“Jadi, mohon ditunggu saja karena memang kita belum membuat kebijakan mengenai vaksin gotong royong. Semua masih dalam proses internal dan berdiskusi dengan berbagai kementerian dan lembaga,” tuturnya.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan vaksinasi Covid-19 tahap kedua untuk kelompok petugas pelayanan publik dan lanjut usia (lansia) akan dimulai 17 Februari 2021.

(kem/kes)

Share :

Baca Juga

Kabareskrim Polri Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo. Foto/Antara

NASIONAL

Polisi Pastikan Rekonstruksi Bentrok FPI Transparan
Gedung Asabri. Foto/Istimewa

NASIONAL

Kejagung Gelar Perkara Dugaan Korupsi Asabri Minggu Depan
Ilustrasi kebun sawit di Papua. Foto/Istimewa

NASIONAL

KPK Temukan Pelanggaran Ekspansi Kebun Sawit di Papua
Ilustrasi tes usap atau swab test antigen. Foto/Antara

NASIONAL

Update Corona 19 Februari: Tambah 10.614, Positif 1.263.299
Spanduk sosialisasi cegah virus korona di Jakarta. Foto/MI/Bary Fathahilah

NASIONAL

Pesta Tahun Baru Dilarang, Masuk DKI Wajib Rapid Test
Dengan metode PCR swab, petugas mengambil sampel lendir dari dalam hidung seorang warga di Jepang, untuk mendeteksi virus korona. Foto/AFP

NASIONAL

Proyek Pengadaan PCR, Oknum Dinkes Sultra Disuap Rp432 Juta
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo saat uji kelayakan dan kepatutan di ruang Komisi III DPR, Rabu (20/1). Foto/DPR RI

NASIONAL

DPR Gelar Rapat Paripurna Tetapkan Listyo Jadi Kapolri
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kanan) menyaksikan Satuan Penanggulangan Teroris (Satgultor) TNI di Jakarta, hari ini. Foto/MI

NASIONAL

Panglima TNI Kirim Pasukan Khusus Buru Pelaku Teror Sigi