Home / EKONOMI

Senin, 28 Desember 2020 - 13:38 WIB

Tak Ada Potongan Dana Banpres UMKM Rp2,4 Juta

Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman. Foto/Kemenkop UKM

Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman. Foto/Kemenkop UKM

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menegaskan tidak ada potongan dana dalam penyaluran BLT untuk UMKM atau Bantuan Presiden (Banpres) Produktif senilai Rp2,4 juta.

Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman menyatakan dana tersebut semuanya langsung ditransfer ke rekening penerima BLT.

“Tak ada pemotongan sepersen pun, biaya administrasi, pembuatan rekening ditanggung oleh bank penyalur,” ucap dia dalam siaran akun Instagram Kementerian @kemenkopukm yang dikutip Senin (28/12).

Hanung juga mengatakan, program ini tidak boleh dikaitkan dengan program pinjaman apapun dari lembaga penyalur atau pengusul.

Adapun, penyataan ini menanggapi pernyataan Bupati Bolaang Mangondow Timur Sehan Salim Landjar yang meminta Presiden Joko Widodo untuk melakukan evaluasi penyaluran dana banpres dan meminta Pemda dilibatkan secara langsung.

Hanung pun menyatakan ada kesalahpahaman dan ketidakakuratan informasi di publik yang perlu diluruskan.

“Tidak benar jika pemda tidak dilibatkan. Kami melakukan sosialisasi kepada Dinas Koperasi dan UMKM provinsi serta kabupaten dan kota sejak program ini akan digulirkan,” ujarnya.

Selain itu, Hanung menambahkan mayoritas penerima bantuan atau 44 persen dari 12 juta pelaku usaha mikro merupakan usulan Dinas Koperasi dan UKM di seluruh Indonesia.

Kemenkop UKM, lanjutnya, sebagai kuasa pengguna anggaran (KPA) dalam program ini adalah sebagai verifikator. Validasi data calon penerima dilakukan secara berlapis melalui Dukcapil Kemendagri, SIKP Kemenkeu, SLIK OJK, dan pengecekan Know Your Customer di bank penyalur (BRI, BNI, dan BNI Syariah).

(heq/bis)

Share :

Baca Juga

Otoritas Jasa Keuangan. Foto/Bisnis

EKONOMI

Bank Daerah Diharapkan Bisa Go Digital
Menteri Ketengakerjaan Ida Fauziyah. Foto/MI

EKONOMI

Kemnaker Cairkan BLT Subsidi Gaji untuk 2,71 Juta Pekerja
Presiden Joko Widodo membuka Jakarta Food Security Summit (JFSS) ke-5 Tahun 2020 secara virtual, sebagaimana ditayangkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu, 18 November 2020. Foto/BPMI Setpres

EKONOMI

Jokowi Ajak Pedagang Martabak hingga Nasi Uduk Jual Online
Seorang bayi menangis ketika disuntik dengan vaksin polio di salah satu Posyandu di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (2/2/2017). Foto/Antara

EKONOMI

Bio Farma Dapat Dana Segar dari Bill Gates untuk Kembangkan Vaksin Baru
Kendaraan mobil dan motor di DKI Jakarta. Foto/Kompas

EKONOMI

Mulai 1 Oktober, DP Mobil dan Motor Jenis Ini Bisa 0 Persen
Aktivitas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Foto/Antara

EKONOMI

Keuntungan RCEP bagi Ekonomi Indonesia
Logo Badan Pusat Statistik. Foto/Ist

EKONOMI

BPS: Ekonomi Indonesia Minus 5,32 Persen
Presiden Joko Widodo membuka Inovasi Indonesia Expo 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa, 10 November 2020. Foto/BPMI

EKONOMI

Presiden Jokowi Paparkan 4 Fokus APBN 2021