Home / NASIONAL

Jumat, 5 Maret 2021 - 07:25 WIB

Tak Perlu Salinan e-KTP untuk Verifikasi Data Kependudukan

Perekaman e-KTP. Foto/Antara

Perekaman e-KTP. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan tak perlu fotokopi e-KTP untuk verifikasi data kependudukan. Pernyataan itu merespons keluhan warganet di Twitter yang sampai membuat kata kunci “eKTP” trending topic.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan e-KTP sudah didesain menggunakan teknologi mutakhir. Seharusnya, tidak perlu lagi menggunakan fotokopi.

“Kalau ada bank sudah membuka data nasabah akses NIK, dia enggak perlu fotokopi. Lembaga sudah menggunakan sidik jari atau sidik wajah, dia enggak perlu fotokopi. Atau yang ketiga tadi, pakai card reader,” kata Zudan lewat keterangan tertulis, Kamis (4/3).

Zudan menyampaikan e-KTP sudah dilengkapi dengan chip. Sehingga, instansi bisa memverifikasi data kependudukan hanya dengan mengetap e-KTP ke mesin pembaca.

Dia menyebut verifikasi menggunakan tap e-KTP sudah berjalan di sejumlah bank. Sistem itu juga digunakan Kemendagri untuk mendata tamu yang datang ke kantor mereka.

Meski begitu, Zudan mengakui belum semua lembaga di Indonesia memiliki mesin pembaca e-KTP. Ia menyebut baru ada sekitar 50 ribu mesin pembaca yang beroperasi di berbagai lembaga.

“Kalau ada lembaga yang meminta fotokopi, saya menduga belum kerja sama dengan Dukcapil. Jadi dia masih kerja manual. Coba lihat contoh urusan di BPJS Kesehatan, itu kan sudah tidak minta lagi,” tuturnya.

Sebelumnya, e-KTP menjadi perbincangan warganet di Twitter. Sebagian besar mencuitkan keluhan mereka lantaran masih harus fotokopi KTP, meski Indonesia telah menganut sistem e-KTP.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi Vaksin Covid-19. Foot/Antara

NASIONAL

Daftar Lokasi Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di DKI
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar. Foto/SINDOphoto

NASIONAL

Wakil Ketua DPR: Pemerintah Harus Lebih Perhatikan Petani
Presiden Joko Widodo telah disuntik vaksin Covid-19 untuk yang pertama kali di Indonesia bersama sejumlah pejabat tinggi negara, kepala lembaga, tokoh agama hingga tokoh masyakarat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/1). Foto/Setneg

NASIONAL

Jokowi Usai Vaksin: Terima Kasih untuk Para Peserta Penerima
2 politikus Gerindra Prabowo Subainto dan Edhy Prabowo di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (21/10). Foto/MI

NASIONAL

Edhy Minta Maaf ke Jokowi dan Prabowo soal Suap Ekspor Lobster
Kejaksaan Agung. Foto/MI

NASIONAL

3 Jadi Tersangka Kasus Penggelapan Dana AJB Bumiputera Rp8 M

NASIONAL

Kapolres Pasaman Pimpin Konferensi Pers Ungkap Kasus Narkoba jenis Ganja 102 Kg
Kemacetan di jalan protokol di Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Jakarta Keluar dari 10 Besar Kota Termacet di Dunia
Sejumlah buruh dari berbagai daerah melakukan aksi unjuk rasa di Jalan Raya Rancaekek, Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Kamis 22 Oktober 2020. Selasa 27 Oktober 2020, buruh berencana demo kembali mengenai UMP 2021 Jawa Barat. Foto: Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar

NASIONAL

Sikapi Upah Minimum 2021, KSPI Berencana Demo di 24 Provinsi