Home / NASIONAL / NUSANTARA

Rabu, 6 Januari 2021 - 14:23 WIB

Tangsel Mulai Vaksinasi Corona 14 Januari

Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dimulai Kamis 14 Januari 2021. Vaksinasi tersebut dilakukan kepada tenaga kesehatan, anggota TNI, Polri, dan Satpol PP.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Deden Deni mengatakan jumlah penerima vaksin Covid-19 Sinovac sebanyak 12.711 orang dengan rincian 9.764 tenaga kesehatan, 1.208 TNI, 1.423 polisi, serta 316 Satpol PP.

“Pemberian vaksin terhadap mereka akan dilakukan secara bertahap mulai 14 Januari hingga Maret 2022,” kata Deden, Selasa (5/1) dikutip dari Antara.

Deden menyatakan pihaknya saat ini tengah melatih para tenaga kesehatan dalam menyuntikan vaksin Covid-19 agar tak ada kendala teknis saat vaksinasi nanti.

“Hari ini kami baru pelatihan dari Kemenkes, kemudian nanti baru disampaikan teknis pengiriman vaksin dari provinsi ke kita” ujarnya.

Sekretaris Dinkes Tangsel Alin Hendarlin Mahdaniar menjelaskan vaksin akan diberikan kepada masing-masing orang sebanyak dua dosis dengan masa interval 14 hari.

Alin menyebut terdapat 28 rumah sakit, 47 klinik, 63 praktik mandiri, 29 puskesmas atau PKM yang siap melakukan vaksinasi Covid-19.

Meski sudah bersiap diri, Dinkes Tangsel mengaku belum mengetahui secara pasti terkait mekanisme pendistribusian vaksin di tingkat kota dan kabupaten.

“Kita masih menunggu untuk pendistribusiannya dari Provinsi, namun kita sudah mempersiapkan diri untuk vaksin tahap pertama ini,” katanya.

Pemerintah telah menerima kedatangan sebanyak 3 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac. Vaksin tersebut juga sudah didistribusikan ke sejumlah daerah meskipun BPOM belum mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin Covid-19 produksi perusahaan China tersebut.

Kemenkes sebelumnya hanya menyatakan vaksinasi Covid-19 di Indonesia akan dimulai pada pertengahan atau minggu kedua Januari 2021. Vaksinasi tahap pertama ini akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

(cnn/ant)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi sekolah. Foto: Pikiran Rakyat

NASIONAL

Buka Sekolah di Zona Merah Tak Tepat
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Foto/Antara

NASIONAL

Ada 28 Laporan Soal Efek Samping Vaksin Corona
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pimpin Sertijab. Foto/TNI

NUSANTARA

Panglima TNI Pimpin Sertijab Dankodiklat, Koorsahli dan Kapuspen di Jakarta
Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak. Foto/Istimewa

NASIONAL

16 Orang Ditunjuk Jadi PLH Bupati-Wali Kota Daerah Jatim
Hujan di wilayah DKI Jakarta. Foto/Ist

NASIONAL

BMKG: Sejumlah Wilayah Jakarta Akan Diguyur Hujan Deras

NASIONAL

Vaksin Covid-19 Buatan Indonesia Diharapkan Segera Terealisasi

NASIONAL

Menristek Dorong Perguruan Tinggi Turut Kembangkan Industri Nasional
Kabareskrim) Polri, Komjen Pol Drs Listyo Sigit Prabowo. Foto/Polri

NASIONAL

Polisi Ungkap 104 Kasus Hoaks Terkait Covid