Home / NASIONAL

Jumat, 15 Januari 2021 - 16:38 WIB

Tantangan Berat Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/MI

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/MI

JAKARTA, BERITANUSA.id – Komjen Listyo Sigit akan mengemban tantangan berat untuk menggantikan Kapolri Jenderal Idham Azis. Pasalnya, ke depan ada sejumlah agenda nasional yang harus mendapatkan perhatian seperti pilkada serentak yang direncanakan bergulir pada 2022 dan 2023.

“Tantangannya 3 tahun ke depan sangat berat tuh, mulai memasuki pemilu, pilkada serentak tahun 2023-2024, lintas agama sekarang juga lagi perlu perhatian. Saya pikir dia sosok yang tegas untuk hal itu,” ujar Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Borobudur Faisal Santiago, Jumat (15/1).

Selain itu, Faisal mengatakan tantangan jangka pendek yang dihadapi Listyo Sigit yaitu pandemi wabah covid-19. Aparat kepolisian, tandasnya, harus bisa mengayomi masyarakat sekaligus menindak apabila terjadi kerumunan massa serta tidak memakai masker.

“Jadi jangan kita menggunakan cara-cara kekerasanlah, karena covid-19 ini membuat masyarakat bosan hampir setahun itu mereka tidak melakukan aktivitas. Dan aktivitasnya kan juga lebih banyak mengarah ke ekonomi. Saya pikir lebih persuasiflah, lebih baik daripada penindakan,” ujarnya.

Menurut dia, Listyo Sigit merupakan sosok yang pantas untuk menjadi pemimpin di Korps Bhayangkara menggantikan Jenderal Idham yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021. Karena, Listyo punya prestasi yang bagus dan tidak ada hal-hal negatif yang mencoreng namanya.

“Secara chemistry juga ada kedekatannya dengan Pak Jokowi, dari Wali Kota Solo sampai ajudan Presiden. Secara integritas memang pantas, karena kita perhatikan sepak terjangnya tidak ada yang negatif, latarbelakangnya reserse punya insting yang baiklah. Untuk ke depan sampai berakhirnya Pak Jokowi, saya pikir cocok untuk menegakkan hukum dan mengayomi masyarakat,” ungkapnya.

Komisi III akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Listyo pada pekan depan. Herman menargetkan, hasil fit and proper test sudah ada pada Selasa (19/1).

Sebelum melakukan fit and proper test, Komisi III juga bakal mengundang Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan untuk melihat rekam jejak Listyo Sigit.

(ant/mi)

Share :

Baca Juga

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto/Ist

NASIONAL

Tito Teken Instruksi PPKM Jawa-Bali hingga 8 Februari
Presiden Joko Widodo menjadi salah satu pembicara dalam APEC CEO Dialogues 2020 secara virtual sebagaimana ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 19 November 2020. Foto/BPMI Setpres

NASIONAL

Kejaksaan Harus Bersih dan Terdepan Berantas Korupsi
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7). Foto/Antara/Akbar Nugroho Gumay

NASIONAL

Satgas Godok Protokol Kesehatan Sekolah Tatap Muka Juli 2021
KPK menilai kisruh bansos terjadi karena kurangnya koordinasi dan lalainya pemda. Foto/Antara

NASIONAL

KPK Dalami Tahapan Pengadaan Bansos Covid-19
Ilustrasi--Keramaian di Pasar Musi Depok saat PSBB pada 18/5/2020. Foto/Antara

NASIONAL

PPKM Tak Lebih Optimal dari PSBB
Alat GeNose diterapkan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Pemerintah Fasilitasi GeNose Gratis di Terminal Pulo Gebang
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto/Pikiran Rakyat

NASIONAL

Puan Maharani Minta Pemerintah Gandeng Kelompok Buruh Bahas UU Cipta Kerja
Gempa Mamuju. Foto/Antara

NASIONAL

Total Kerugian Gempa Sulbar Capai Rp829,1 Miliar