Home / NASIONAL

Jumat, 18 Desember 2020 - 20:46 WIB

Tarif Kencan Artis TA Rp75 Juta Sehari

Ilustrasi prostitusi. Foto/iStock

Ilustrasi prostitusi. Foto/iStock

BANDUNG, BERITANUSA.id – Tiga orang muncikari dan penyebar iklan prostitusi artis dan model berinisial TA ditetapkan sebagai tersangka. Adapun TA saat ini masih berstatus saksi.

Berdasar hasil pengembangan penyelidikan, polisi mengungkap tarif kencan TA senilai Rp 75 juta dalam sekali kencan. Lamanya durasi kencan sehari.

“TA ini yang kita dapatkan keterangan Rp 75 juta,” kata Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Jumat (18/12).

Ketiga tersangka dalam kasus ini berinisial RJ (44) diamankan di Jakarta, AH (40) diamankan di Medan, dan MR (34) diamankan di Kabupaten Bogor. Mereka bekerja sama mencari perempuan untuk ditawarkan melalui media sosial berinisial BM.

Perihal peran ketiganya pun berbeda-beda. AH dan RJ AH sebagai agen yang mengiklankan TA via online. Sedangkan MR berperan muncikari.

“Inisial AH ditangkap di Medan, sedangkan RJ di Jakarta. Mereka berdua bertugas untuk mencari atau mengiklankan wanita berprofesi sebagai artis, selebgram kemudian model. Mereka lah yang mengiklankan,”

Setelah menangkap AH dan RJ, polisi kemudian mengembangkan pencarian terhadap pelaku lain. Akhirnya, petugas menangkap MR di Kabupaten Bogor yang berperan sebagai muncikari.

Erdi menjelaskan MR sendiri memiliki jaringan yang luas dengan muncikari lain di seluruh Indonesia.

“Dari pengembangan penyelidikan yang bersangkutan punya jaringan yang sangat luas sekali, bisa dikatakan seluruh Indonesia,” kata Erdi.

Ketiga tersangka dijerat dengan pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 27 Ayat (1) UU RI No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No. 11 tahun 2008 tentang ITE dan/atau pasal 12 UU RI no 21 tahun 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang.

“Ancaman hukumannya 6 tahun sampai 15 tahun,” kata Erdi.

Patroli siber

Erdi menjelaskan pengungkapan kasus ini bermula dari patroli siber oleh petugas penyidik Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jabar. Dari kegiatan tersebut, polisi kemudian menelusuri dan menangkap dua orang pengiklan tersebut.

“Ditemukan adanya satu praktik prostitusi online. Dari situ penyidik melakukan pendalaman dan kemudian berhasil menangkap dua orang. Ini adalah rangkaian dari beberapa waktu penyelidikan yang dilakukan penyidik,” kata Erdi.

Sejumlah barang bukti disita polisi dari pengungkapan itu, yakni laptop, ponsel, buku tabungan, kartu ATM hingga alat kontrasepsi alias kondom.

“Yang jadi permasalahan, yang menguatkan adalah adanya alat kontrasepsi. Kemudian ada pembayaran dan ada muncikari serta korbannya,” ujar Erdi.

Diberitakan sebelumnya, Ditreskrimsus Polda Jabar menangkap seorang model sekaligus artis berinisial TA terkait dugaan prostitusi online, di sebuah hotel di Kota Bandung, Kamis (17/12).

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Kapolri Jenderal Idham Azis saat memimpin Sertijab Pati Polri. Foto/Ist

NASIONAL

Pesan Kapolri Usai Lantik 8 Kapolda Baru
Warga menunjukkan jari yang telah ditetesi tinta pemilu usai memberikan hak suara untuk Pilkada 2020. Foto/Antara/Basri Marzuki

NASIONAL

100 dari 132 Sengketa Pilkada 2020 Kandas
Basarnas berhasil mengangkat serpihan pesawat serta potongan tubuh korban dari laut. Foto/Media Indonesia/Ramdani

NASIONAL

RS Polri Terima 16 Kantong Jenazah Korban SJ182
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas lanjutan pembahasan dampak virus Covid-19. Foto/Antara

NASIONAL

Isu Reshuffle, 6 Sampai 8 Menteri Bakal Diganti
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto/Ayo Surabaya

NASIONAL

JPS Kemnaker untuk Warga yang Gagal Lolos Kartu Prakerja
Wakapolri Komisaris Jenderal (Komjen) Gatot Eddy Pramono. Foto/Ist

NASIONAL

Polri Akan Bangun 34 Polres Baru Tahun Depan
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Foto/Ist

NASIONAL

Dana Desa PPKM Mikro Dilaporkan Belum Cair
Ketua Komisi III Herman Hery (kiri) dan calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo berjalan keluar usai hadir dalam uji keayakan dan kepatuatan di Gedung Nusantara II DPR, Kompleks ParlemenSenayan, Jakarta. Foto/Medcom

NASIONAL

Ketua DPR Soal Visi Misi Listyo: Ada Semangat Transformasi