Home / NASIONAL

Senin, 1 Februari 2021 - 18:26 WIB

Tenaga Layanan Publik Mulai Suntik Vaksin Mulai Maret 2021

Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyebut para tenaga layanan publik, termasuk TNI-Polri akan mulai mendapatkan melakukan vaksinasi Covid-19 pada Maret 2021.

“Sesudah (vaksinasi Covid-19) tenaga kesehatan sebanyak 1,5 juta orang, diharapkan selesai pada akhir Februari 2021. Kita akan masuk ke tenaga layanan publik,” ungkap Menkes Budi dalam keterangannya, Senin (1/2).

“(Vaksinasi ini) diharapkan mulai awal Maret 2021 bisa melakukan suntikan untuk layanan publik. Vaksinasi layanan publik ini akan terus berjalan sampai beberapa bulan karena memang lokasinya tersebar di seluruh Indonesia,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Budi juga mengatakan saat ini pemerintah masih melakukan vaksinasi untuk tenaga kesehatan. Penyuntikan terhadap nakes ini ditargetkan akan selesai pada pekan ketiga Februari 2021.

“Vaksinasi tahap pertama adalah para tenaga kesehatan. Sudah dimulai pada tanggal 13 Januari 2021 sampai sekarang. Sebagaimana arahan Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi), mereka diprioritaskan pertama vaksinasi,” tukasnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Hubowono mengatakan sebanyak 593.372 tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia telah menjalani vaksinasi Covid-19. Angka tersebut sebesar 39,5 persen dari target pemerintah sebanyak 1,5 juta nakes.

Dia memperkirakan tahap pertama vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan ini akan tuntas pada 21 Februari 2021. Kemenkes akan mempercepat vaksinasi demi tercapainya terget tersebut.

“Kita targetkan 100 persennya akan dicatat pada minggu ketiga Bulan Februari ini. Jadi (vaksinasi) tenaga kesehatan akan selesai di minggu ketiga Bulan Februari,” ungkap Dante Saksono di Surabaya, Minggu (31/1) kemarin.

(pmj)

Share :

Baca Juga

Seorang siswa belajar daring dengan akses internet gratis dari Pemprov DKI Jakarta di Kantor RW 02 Kampung Internet, Galur, Jakarta, Kamis. Foto/Antara/Indrianto Eko Suworso

NASIONAL

Kemendikbud Lanjutkan Subsidi Kuota Belajar 2021
Banjir masih menjadi ancaman besar di wilayah Kalimantan Selatan, bahkan masuk dalam zona merah. Foto/Media Indonesia

NASIONAL

Eksploitasi Alam Jadi Penyebab Banjir Kalsel
Warga melihat banjir lahar dingin di sebuah sungai di Lumajangm Jawa Timur, Kamis (3/12) setelah letusan Gunung Semeru. Foto/AFP/Juni Kriswanto

NASIONAL

Banjir Lahar Dingin Semeru Masih Terpantau Aman
Kapolri Jenderal Idham Azis. Foto/Antara

NASIONAL

Polri Tuntaskan 1.412 Perkara Korupsi Sepanjang 2020
Gunung merapi erupsi. Foto/ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

NASIONAL

Merapi Luncurkan Guguran Awan Panas Sejauh 1,3 Km
Gempa Mamuju. Foto/Antara

NASIONAL

Korban Jiwa Gempa Sulbar Capai 90 Orang Per 19 Januari
Kantor KPK. Foto/Tirto

NASIONAL

Satu Pegawai KPK Meninggal Dunia Karena Covid
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Foto/Antara/Nova Wahyudi

NASIONAL

Panglima TNI Mutasi 114 Perwira Tinggi