Home / NASIONAL

Jumat, 21 Agustus 2020 - 21:09 WIB

Tenang, Aturan Ganjil Genap bagi Sepeda Motor Belum Diberlakukan

Ilustrasi macet di Jakarta. Foto/Kumparan

Ilustrasi macet di Jakarta. Foto/Kumparan

JAKARTA, BERITANUSA.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja menerbitkan Pergub Nomor 80 Tahun 2020 tentang pelaksanaan PSBB transisi menuju new normal. Pergub tersebut sudah memuat aturan mengenai ganjil genap untuk sepeda motor.

Namun, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo membantah kabar soal akan menerapkan aturan ganjil genap bagi sepeda motor. Dia menegaskan, hal itu masih dalam tahap evaluasi.

“Untuk sepeda motor belum dikenakan ganjil genap. Saat ini, ganjil genap yang diberlakukan masih pada 25 ruas jalan, bagi kendaraan roda empat, dengan 14 jenis kendaraan yang dikecualikan. Serta, berlaku pada pagi jam 06.00-10.00 WIB dan sore jam 16.00-21.00 WIB,” tutur Syafrin dalam keterangannya, Jumat (21/8).

Penerapan ganjil genap untuk sepeda motor nantinya bakal diputuskan lebih lanjut dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta. Hal itu tertuang dalam Pasal 8 ayat 3 Pergub 80/2020.

Selain pengendalian moda transportasi lewat aturan ganjil genap, pergub juga mengatur pengendalian parkir pada luar ruang milik jalan (off street) maupun di ruang milik jalan (in street) dengan pembatasan satuan ruang parkir.

Disampaikan Syafrin, di PSBB masa transisi ini, semua ruas jalan diutamakan bagi pejalan kaki dan pesepeda.

Pada Pasal 10 juga mengatur soal penyediaan parkir khusus sepeda di sejumlah lokasi, meliputi ruang parkir perkantoran, ruang parkir pusat perbelanjaan, halte, terminal, stasiun, dan pelabuhan atau dermaga.

“Penyediaan ruang parkir khusus sepeda di perkantoran dan pusat perbelanjaan ditetapkan sebesar 10 persen dari kapasitas parkir,” ucap Syafrin.

Kemudian, lanjut Syafrin, bagi operator angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum, angkutan perairan, dan angkutan perkeretaapian juga wajib membatasi jam operasional.

Selain itu, para operator juga wajib menyediakan ruang penyimpanan sepeda pada sarana angkutannya.

“Dengan Pergub Nomor 80 Tahun 2020 ini, diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan masyarakat dan penegakan hukum dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19,” ujar Syafrin. (heq/dbs)

Share :

Baca Juga

Presiden Jokowi Pimpin Upacara. Ist

NASIONAL

Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober
Petugas KPPS melakukan proses penghitungan suara Pilkada Kota Medan. Foto/Antara

NASIONAL

Pelantikan Pemenang Pilkada 2020 Digelar Tiga Tahap
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto/MI

NASIONAL

Ketua MPR Dukung Pemerintah dan Kapolri Berantas Mafia Tanah
Presiden Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Sumatera Utara dalam rangka kunjungan kerja pada Selasa, 27 Oktober 2020. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

NASIONAL

Jokowi ke Sulbar Kunjungi Korban Gempa Mamuju
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Antara

NASIONAL

PPKM Mikro Diharapkan Bangun Kesadaran Prokes Skala Kampung
Komisioner KPU Ilham Saputra. Foto/Antara

NASIONAL

Ilham Saputra Jadi Plt Ketua KPU
Bupati Bogor Ade Yasin (tengah) hadiri acara BES 2019 di Royal Tulip Gunung Geulis, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (12/12). Foto/Ist

NASIONAL

Soal Megamendung, Bupati Bogor Dicecer 50 Pertanyaan
Ilustrasi gunung meletus. Foto/AFP

NASIONAL

Jelang Akhir Tahun, 4 Gunung Api di Indonesia Erupsi