Home / NASIONAL

Rabu, 20 Januari 2021 - 14:29 WIB

Terapkan Pam Swakarsa, Unpad Ganti Seragam Satpam Jadi Cokelat

Sejumlah anggota Satuan Pengamanan (Satpam) mengikuti upacara HUT ke-38 Satpam. Foto/Antara

Sejumlah anggota Satuan Pengamanan (Satpam) mengikuti upacara HUT ke-38 Satpam. Foto/Antara

JAKARTA, BERITANUSA.id – Universitas Padjadjaran (Unpad) mengubah seragam satuan pengamanan (satpam) menjadi cokelat layaknya seragam kepolisian mulai Januari 2021.

Kepala Pusat Keselamatan, Keamanan, dan Ketertiban Lingkungan (K3L) Unpad Teguh Husodo mengatakan kebijakan ini menyesuaikan Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa (Pam Swakarsa).

“Kebijakan ini juga sekaligus menetapkan tentang tata aturan untuk organisasi Pam Swakarsa Satpam,” kata Teguh dalam keterangan tertulis di situs resmi Unpad, Selasa (19/1).

Teguh menjelaskan seragam yang kini berwarna cokelat adalah Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu). Seragam-seragam itu dipadukan dengan topi baru yang juga menyerupai topi kepolisian.

Selain mengubah seragam satpam, Unpad juga menerapkan sistem pangkat. Satpam akan terbagi dalam tiga golongan, yaitu manajer, supervisor, dan pelaksana. Setiap golongan terbagi lagi dalam tiga jenjang.

“Untuk menduduki golongan tersebut, harus mengikuti pelatihan,” ucap Teguh.

Pada 2021, Unpad memilik 320 orang satpam. Jumlah itu tersebar di Kampus Bandung sebanyak 76 orang, Kampus PSDKU Pangandaran 10 orang, serta Kampus Jatinangor dan Arjasari sebanyak 234 orang.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan Perkap 4/2020 soal Pam Swakarsa. PAM Swakarsa itu dapat terdiri dari Satpam, Satkamling, atau pasukan pengaman yang berasal dari pranata sosial tertentu.

Aturan itu menyebut Pam Swakarsa sebagai suatu bentuk pengamanan oleh pengemban fungsi kepolisian yang diadakan atas kemauan, kesadaran, dan kepentingan masyarakat sendiri yang kemudian memperoleh pengukuhan dari institusi Polri.

Kebijakan itu menuai kritik dari kalangan masyarakat sipil. Sebab Pam Swakarsa dikenal sebagai ormas bentukan TNI untuk menghalau aksi mahasiswa pada 1998.

“Hadirnya kembali istilah dan fungsi ‘Pam Swakarsa’ menunjukkan ada niat untuk mengembalikan situasi ke masa lalu karena dilegitimasi dengan kebijakan,” kata Rivanlee Anandar, peneliti Kontras, dalam keterangannya, 15 September 2020.

(cnn/nas)

Share :

Baca Juga

Menteri Kesehatan Terawan. Foto/Kemenkes

NASIONAL

Menkes Berikan Santunan dan Intensif Nakes Tangani Covid-19
Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/12). Foto/Antara

NASIONAL

KPK Serahkan Aset Tanah Kasus Korupsi Rp55 M ke TNI AL
Tim Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri mengungkap jaringan pemasok narkotika jenis ganja yang biasanya disalurkan ke lembaga pemasyarakatan (lapas) di Sumatera Barat. Foto/Polri

NASIONAL

Bareskrim Polri Bongkar Jaringan Pemasok Ganja ke Lapas
Kejagung melakukan gelar perkara atau ekspose terkait penanganan kasus suap yang menjerat Jaksa Pinangki Sirna Malasari. Ist

NASIONAL

Kejagung Gelar Perkara Jaksa Pinangki
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Foto/Antara

NASIONAL

Wagub Sebut DKI Pertimbangkan Penerapan PSBB Ketat
Kemacetan di jalan protokol di Jakarta. Foto/MI

NASIONAL

Jakarta Keluar dari 10 Besar Kota Termacet di Dunia
Gunung Merapi. Foto/Ist

NASIONAL

Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran 52 Kali
Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan Sistem Satu Arah di jalan Oto Iskandardinata (Otista), Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5). Foto/Antara

NASIONAL

Efektif Turunkan Covid, Ganjil Genap Kota Bogor Diperpanjang