Home / NASIONAL

Jumat, 17 Juli 2020 - 14:26 WIB

Terawan: Serapan Anggaran Rendah Karena Pasien Meninggal Sedikit

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Foto: Istimewa

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Foto: Istimewa

JAKARTA, BERITANUSA.id – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dikuliti DPR soal serapan anggaran penanganan corona (Covid-19) yang rendah. Terawan bilang serapan anggaran rendah karena jumlah pasien positif dan yang meninggal masih sedikit.

Soal serapan anggaran, ditanyakan Pimpinan rapat Banggar DPR Said Abdullah, Rabu (15/7/2020). Dia mengatakan realisasi serapan anggaran kesehatan ramai dibahas lantaran tidak sesuai ekspektasi.

“Pertama penanganan corona dan ramainya serapan anggaran yang rendah. Pada saat yang sama muncul dari Komisi IX karena lemahnya koordinasi antara Gugus Tugas Covid19 dan Kemenkes,” ujar Said.

Hal senada dilontarkan anggota Banggar dari Fraksi PDIP Dolfie Ofp. Dia mempertanyakan penyerapan anggaran kesehatan yang baru mencapai Rp4,4 triliun atau 5,1 persen dari total anggaran sebesar Rp87,5 triliun. Padahal, penanganan kesehatan ini sangat penting sebab dampak dari pandemi menjalar ke mana-mana.

“Kita ingin tahu kenapa,” tanya dia.

Terawan mengatakan penyerapan anggaran di kementeriannya dilakukan sangat hati-hati sebab berkaitan dengan risiko moral atau moral hazard. Eks kepala RSPAD Gatot Subroto ini menyebut penyerapan anggaran akan bergantung dari perkembangan kasus penularan virus corona. Serapan anggaran rendah lantaran pasien dan korban meninggal akibat corona tidak begitu besar.

Dia melanjutkan, anggaran untuk tenaga kesehatan juga terbagi menjadi dua yakni di daerah dan pusat. Insentif tenaga kesehatan di pusat, nilainya sebesar Rp1,9 triliun yang diverifikasi melalui Kemenkes. Sementara untuk di daerah mencapai Rp3,7 triliun yang terverifikasi di daerah itu sendiri.

Pernyataan Terawan langsung viral. Warganet berbondong-bondong mengomentarinya. “Mulai lagi dia. Sudah beberapa bulan republik ini tidak berisik, menteri ini mulai lagi dia,” cuit @JuraganBeras15.

Akun @MuhaiminBinIrin menyindir Terawan dengan menyebut anggaran negara tak akan banyak terpakai karena para pasien corona bakal sembuh sendiri.

“Ngapain negara keluarin duit, nanti juga sembuh sendiri,” sindirnya merujuk pada pernyataan Terawan yang viral itu.

“Hmm. Jadi dana Rp87 triliun itu jaga-jaga kalau jumlah pasiennya banyak sebanyak 250 juta kah pak?” tanya @Fawwaz_B sambil menyertakan ikon “berpikir”. (wrt)

Share :

Baca Juga

Kepulangan Imam Besar FPI Rizieq Shihab disambut massa pendukungnya. Foto/AFP

NASIONAL

Rencana FPI Ubah Nama Jadi Front Persaudaraan Islam
Ilustrasi uang Rupiah. Ist

NASIONAL

Ada yang Belum Terima BLT Pekerja Tahap 3?
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto/Ist

NASIONAL

Enam Poin Instruksi Mendagri agar Kepala Daerah Tegakkan Prokes
Wali Kota Bogor Bima Arya. Foto/MI

NASIONAL

Bima Arya Siapkan Sanksi untuk RS Ummi Bogor
Ilustrasi swasembada pangan. Foto/Ist

NASIONAL

Wujudkan Swasembada Pangan dengan Ketersediaan Bibit Unggul
Alat GeNose diterapkan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Foto/Antara

NASIONAL

Stasiun Jogja dan Jakarta Mulai Pasang GeNose
Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan Sistem Satu Arah di jalan Oto Iskandardinata (Otista), Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5). Foto/Antara

NASIONAL

Efektif Turunkan Covid, Ganjil Genap Kota Bogor Diperpanjang

NASIONAL

Ini Cara UMKM yang Belum Dapat BLT Rp2,4 Juta